Tau Gak Asal Mula Mie Instant

mie-instant

Kebanyakan orang Indonesia pasti suka makan mie instant. Apalagi anak kost, pasti selalu menyediakan mie instant untuk dimakan sewaktu-waktu. Selain harganya yang murah, cara memasaknya juga sangat mudah dan cepat. Tapi, kamu tahu gak bagaimana asal mula dibuatnya mie instant ini?

Orang yang pertama sekali merintis mie instant adalah Momofuko Ando. Pada jaman dahulu, Jepang mengalami kesulitan dalam pengadaan bahan makanan, dan pihak Amerika Serikat sangat gencar memberikan bantuan gandum ke Jepang. Bantuan pihak Amerika ini kemudia membuat harga terigu menjadi sangat murah. Melihat ini, pemerintah Jepang kemudian memberikan anjuran kepada rakyatnya untuk mengkonsumsi roti gandung dan terigu sabagi gantinya nasi.

Artikel lain: Bagaimana cara lebah membuat madu

Saat itu kebanyakan orang Jepang suka makan mie. Inilah yang membuat munculnya ide di pikiran Momofuko Ando untuk membuat mie dari terigu. Selain karena banyak disukai oleh masyarakat Jepang, mie adalah makanan pokok yang mudah dibuat dan tahan lama. Lalu Momofuko Ando berniat membuat mie dengan bentuk yang berbeda dan lebih enak, lebih cepat diolah, dan mudah di dapat.

Dengan modal yang ada, Momofuko Ando kemudian membeli mesin pembuat mie dan melakukan eksperimen membuat mie instant di dalam rumahnya. Ando menggoreng adonan yang sudah berbentuk mie agar lebih awet, mudah diolah, dan gurih. Kemudia dia memperhitungkan rasa untuk kuah mie instant tersebut, dia memilih kuah ayam karena rasanya gurih dan tidak menimbulkan amis.

Lalu pada suatu sore Ando mencoba untuk menjual contoh mie nya di pasar. Dan ternyata mie instant buatan Ando habis terjual pada hari itu. Inilah awal bagi Momofuko Ando berbisnis mie instant. Kemudian Anda membangun perusahaannya pada bulan Desember 1958, dan diberi nama Nissin Food Industries. Semakin banyak orang yang suka makan mie instant buatan Anda, dan membuat merk perusahaannya menjadi sangat terkenal di Jepang.

Pada tahun 1960 Momofuko Ando membuka pabrik mie instant-nya yang kedua dan seterusnya. Pabrik mie instant-nya semakin banyak tersebar di seluruh penjuru negara Jepang. Dan pada tahun 1966, Momofuko Ando memperkenalkan mie instant buatannya ke Amerika dan Eropa.

Momofuko Ando melihat orang memakan mie dengan cara yang berbeda, yaitu dengan menggunakan garpu, tidak ada kuah, dan menggunakan piring sebagai alas makan. Dia juga melihat cara pembuatan kaldu yang dilarutkan dengan air panas tanpa harus dimasak, dan penggunaan gelas kertas dan kertas aluminium sebagai wadah kedap udara.

Lalu, dia mulai melakukan inovasi dan mengembangkan kemasan mie instant buatannya. Ando juga menggunakan wadah yang dibuat dari bahan styrofoam dengan lapisan aluminium. Jadi, mie instant tersebut tidak perlu dimasak, tapi hanya diseduh dengan air panas saja. Selain itu, Ando juga menyediakan garpu untuk memakan mie instant di dalam kemasan.

Ok sobat Sok Tau, sekian dulu penjelasan singkat tentang asal mula mie instant. Semoga artikel dari tim Sok Tau bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Asal Mula Mie Instant, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - June 19, 2013