Tau Gak Asal Usul Kata Loe Gue ?

Tau Gak Asal Usul Kata Loe Gue

Anak muda jaman sekarang selalu menggunakan kalimat saya kamu dengan perubahan yaitu menjadi loe gue. Khususnya kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta dan Surabaya selalu menggunakan kalimat ini dan dianggap sangat keren dan gaul. Tahukah anda, kata ini sebenarnya sudah digunakan sejak tahun 70-an hingga saat ini. Kata “Loe” yang berarti kamu dan “Gue” yang berarti saya memang menjadi kata yang seringkali digunakan.

Kata Loe dan gue memang sangat tidak sopan jika digunakan untuk berbicara dengan orang-orang yang lebih tua. Asal mula adanya kalimat Loe Gue ini memang diperkenalkan oleh masyarakat betawi, bahkan pada saat masyarakat betawi berkunjung ke luar negeri selalu menggunakan kalimat tersebut. Dua kata yang digunakan oleh masyarakat betawi ini sebenarnya adalah menggunakan bahawa China. Sejak abad ke 16 bahasa ini sudah mulai digunakan para pedagang China yang dulunya berdatangan ke Indonesia termasuk Jawa dan Betawi.

Sejak abad ke 16 itulah kata Loe Gue sangat popular dikalangan masyarakat. Hal inilah yang menyebabkan masyarakat lebih suka menggunakan kata tersebut dibandingkan dengan kata yang lainnya.

Namun sayangnya pada saat pemerintahan colonial Belanda pusat perdagangan yang ada di Jakarta sehingga banyak sekali orang China yang singgah bahkan menetap tinggal di Jakarta. Sejak saat itulah kata Loe Gue seringkali digunakan untuk berkomunikasi antara masyarakat Jakarta itu sendiri maupun masyarakat China yang datang.

Banyaknya masyarakat China yang menetap di Jakarta membuat kata Loe Gue semakin melekat dikalangan masyarakat Betawi dan tidak bisa lepas hingga saat ini. China banyak mengenalkan tradisi yang hingga saat ini tidak dapat luntur atau hilang ditengah-tengah masyarakat. Alasan lain adalah karena hanya masyarakat Jakarta saja yang hingga saat ini sangat terbuka dengan budaya bahasa dari negara lain sehingga bahasa China, Belanda atau negara lain bisa masuk dan cepat sekali berkembang.

Bahkan hingga saat ini bahasa-bahasa tersebut masih sering digunakan oleh masyarakat. Jika anda ingin tahu, maka bisa menanyakan langsung pada beberapa tokoh masyarakat Betawi yang tahu betul bagaimana sejarah adanya kata Loe Gue yang hingga saat ini masih tetap digunakan. 

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Asal Usul Kata Loe Gue ?, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 11, 2014