Tau Gak Asal Usul Lambang Bendera Bajak Laut

Siapa yang tidak tahu tentang lambang bendera bajak laut, tentu nya anda semua sudah mengetahui bahwa bendera bajak laut selalu dihiasi dengan lambang tengkorak.

Apakah anda tahu bagaimana kah sejarah dan makna dari lambang tersebut? berikut ini artikel tentang asal usul lambang bendera bajak laut yang pastinya menarik untuk disimak.

Asal usul tengkorak menjadi lambang bendera bajak laut dimulai pada abad ke 13-14. Pada masa itu para kesatria Templar menggunakan symbol tengkorak untuk menandai kapal laut milik mereka agar tidak sama dengan kapal yang lain.

Mereka juga mengebut bendera tersebut dengan nama Jolly Roger yang diambil dari kata bahasa perancis yaitu “Jollie Rouge” yang berarti “Si Merah yang Cantik”. Pada awalnya bendera yang mereka kibarkan memang berwarna merah dengan lambang tengkorak dan 2 tulang rusuk yang saling menyilang.

Dan lambang tersebut lambat laun banyak diadaptasi ke beberapa daerah, termasuk pada beberapa armada laut yang berperang pada jaman dahulu.

Mengenai makna dari lambang tersebut, para pasukan templer menyebutkan bahwa tengkorak dan tulang rusuk melambangkan keberhasilan serta semangat yang tak pernah mati dari para awak kapal tersebut.

Tidak hanya pada zaman dahulu, pada masa modern pun penggunaan lambang tengkorak ternyata juga masih digunakan. Penggunaan lambang tersebut juga memberi makna kesuksesan yang diperoleh pasukan laut tersebut dalam menjalan kan sebuah misi.

Di Indonesia, lambang tersebut pernah dipakai oleh awak perahu legendaris kita yaitu KRI Dewaruci. Seperti yang kita tahu, KRI Dewaruci telah menjalankan misi untuk mengarungi samudra samudra untuk membawa nama Indonesia ke penjuru dunia.

Dan ketika merapat kembali di tanah air, para awak juga mengibarkan bendera dengan lambang layaknya bendera bajak laut.

 

 

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Asal Usul Lambang Bendera Bajak Laut, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - December 24, 2013