Tau Gak Bagaimana Awal Mula Ditetapkannya Kendaraan Berjalan di Sisi Kiri

Beberapa negara, seperti Indonesia dan negara lainnya mengharuskan para pengendara berada di sisi sebelah kiri jalan. Namun, ada juga beberapa negara yang membuat peraturan bahwa pengendara harus berada di sisi kanan. Kenapa peraturan berkendara di beberapa negara berbeda-beda?

Sebenarnya, peraturan berkendara di sebelah kiri telah lebih dulu diberlakukan. Ini bermula sejak dahulu kala ketika mobil dan kendaraan bermotor lainnya belum ditemukan. Biasanya orang menggunakan hewan seperti kuda dan keledai sebagai alat transportasi.

Artikel lain: Kenapa ketiak mengeluarkan bau tidak sedap

Orang dulu memiliki kebiasaan menggantungkan pedangnya di sisi sebelah kiri pinggangnya agar dapat mengambilnya dengan lebih mudah. Kondisi seperti ini membuat mereka lebih aman dan mudah kalau berjalan di sebelah kiri jalan. Ketika mereka berkendara atau berjalan kaki dengan menggunakan bagian sisi kiri jalan, maka orang lain dari arah depan akan berada di sebelah kanannya.

Dengan begitu, jika mereka bertemu dengan musuh di depan, mereka akan lebih mudah mengeluarkan pedangnya dan menghunuskannya. Inilah pertamakali yang menjadi alasan kenapa banyak orang dulu mengendarai kuda mereka di sebelah kiri jalan.

Kebiasaan ini kemudian dibuat menjadi aturan berkuda pada saat itu dan terus berlaku dan dipertahankan sampai munculnya kereta berkuda. Para pengendara kereta kuda (kusir) tetap menggunakan jalur sebelah kiri agar mengurangi resiko bertabrakan dengan penunggang kuda dari depan mereka. Aturan berkendara di sebelah kiri masih terus dipertahankan hingga ditemukannya kendaraan modern, yaitu kendaraan bermotor.

Lalu, kenapa di beberapa negara menetapkan aturan bagi para pengendara untuk menggunakan jalur sebelah kanan jalan? Kebutuhan akan pertahanan saat berkuda seperti halnya yang dilakukan orang dulu ternyata sudah berakhir dan tidak dibutuhkan lagi. Banyak orang yang tangannya tidak kidal memilih berjalan di sebelah kanan karena lebih nyaman menurut mereka. Inilah awalnya beberapa negara membuat aturan berkendara di sebelah kanan.

Demikianlah penjelasan singkat awal ditetapkannya kendaraan berjalan di sisi kiri. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Bagaimana Awal Mula Ditetapkannya Kendaraan Berjalan di Sisi Kiri, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 13, 2013