Tau Gak Bagaimana Cara Kerja Kincir Angin

kincir-angin

Kamu pernah ga melihat kincir angin? Kincir angin ini berbentuk baling-baling berukuran besar yang akan berputar ketika ditiup angin. Lalu bagaimana cara kerja kincir angin tersebut? Baca terus ya.

Angin adalah tenaga penggerak yang akan memutar baling-baling kincir angin. Pada jaman dahulu, alat ini digunakan untuk membantu menggiling padi, mengairi sawah, dan juga untuk memompa air. Namun, pada jaman sekarang telah ditemukan teknologi dimana kincir angin diputar oleh tenaga listrik, biasa disebut dengan turbin angin.

Artikel lain: Apa itu gempa bumi

Kincir angin ini berfungsi sebagai penerima energi, yang artinya kincir angin menerima energi dari angin (energi kinetik) dan mengubah energi tersebut menjadi energi lain yang dapat digunakan, misalnya listrik. Hembusan angin yang mendorong baling-baling kipas pada kincir angin akan membuat baling-baling tersebut berputar.

Baling-baling kincir angin tersebut berputar di poros yang disebut dengan nacelle, yaitu tabung dibelakang sayap kincir angin. Poros tersebut dihubungnkan dengan gearbox atau roda bergerigi. Pada gearbox, kecepatan putaran poros dapat diatur dengan mengubah perbandingan roda gigi pada gearbox tersebut.

Untuk mengubah energi mekanik tersebut menjadi energi listrik, gearbox dihubungkan dengan generator. Generator tersebut energi listrik akan dialirkan ke transformer agar tegangannya semakin tinggi. Setelah itu, listrik kemudian bisa disalurkan ke tempat yang membutuhkan energi listrik, misalnya rumah kita.

Demikianlah penjelasan singkat bagaimana cara kerja kincir angin. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Bagaimana Cara Kerja Kincir Angin, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - December 2, 2013