Tau Gak Bagaimana Cara Kerja Mesin ATM

cara-kerja-mesin-atm

Kamu pasti pernah menggunakan mesin ATM untuk melakukan transaksi, misalnya mengambil uang atau transfer uang. Bagaimana sebenarnya cara kerja mesin ATM ini? Baca terus ya.

Mesin ATM terdiri dari beberapa komponen, diantaranya; Kotak ATM, tombol angka, layar monitor, dan mesin komputer. Pada bagian dalam kotak ATM terdapat CPU, keyboard, modem, kotak uang , card reader, dan printer kecil.

Artikel lain: Apa itu gravitasi

Sebenarnya cara kerja mesin ATM tidak terlalu rumit. Saat kita bertransaksi di ATM, kita hanya perlu memasukkan kartu ATM. Ketika kartu ATM masuk ke dalam mesin, magnetic card reader pada ATM tersebut akan membaca kartu tersebut. Setelah kartu dibaca, data pada kartu tersebut akan dikirim ke sistem komputerisasi bank yang mengeluarkan kartu ATM tersebut.

Setelah itu, mesin ATM akan meminta kamu memasukkan PIN (personal identification number). Setelah kita memasukkan PIN, komputer akan memproses PIN tersebut (encrypt) dengan rumus tertentu yang sudah dibuat oleh komputerisasi pihak bank. Pengacakan PIN dilakukan oleh mesin komputer di dalam mesin ATM agar data-data kamu tidak terbaca oleh pihak lain.

Setelah sistem komputer bank selesai memproses, data-data akan kembali ke mesin ATM. Kamu akan bisa melihat informasi tentang akun bank yang kamu miliki dan melakukan perintah yang lain, misalnya, cek saldo, pengambilan uang, transfer ke rekening lain, dan lainnya.

Di kartu ATM kamu terdapat sebuah garis yang disebut Magnetic Chip. Ini berfungsi sebagai sensor yang menunjukkan identitas si pemiliki kartu ATM. Bila Magnetic Chip ini tergesek atau rusak karena benda lain, maka kartu ATM kamu tidak akan bisa digunakan.

Kamu harus memperhatikan setiap transaksi yang dilakukan di mesin ATM, pastikan kartu ATM kamu tarik kembali dan jaga kerahasiaan PIN. Kartu ATM dan PIN sangat penting untuk bertransaksi di mesin ATM. Jangan meminjamkan kartu ATM pada orang lain dan jangan memberitahukan PIN kartu ATM mu pada orang lain.

Demikianlah penjelasan singkat tentang cara kerja mesin ATM. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Bagaimana Cara Kerja Mesin ATM, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - December 22, 2013