Tau Gak Bagaimana Cara Kerja Oven Microwave

microwaves-LG

Teman-teman pasti pernah lihat microwave kan? Mungkin beberapa diantara kita tidak memiliki microwave di rumahnya, tapi paling tidak kita mengerti fungsi dari oven microwave ini. Microwave adalah salah satu alat rumah tangga yang biasanya digunakan untuk memanaskan makanan, dan sangat efisien. Bahkan micowave bisa memanaskan 18 kali lebih cepat dibandingkan dengan kompor biasa. Lalu bagaimana cara kerjanya?

Microwave dalam bahasa Indonesianya berarti gelombang mikro, yaitu gelombang elektromagnetik dalam spektrum gelombang elektromagnet. Karena panjang gelombang ini jauh lebih besar dibandingkan panjang gelombang cahaya, maka gelombang ini tidak dapat dilihat oleh mata manusia.

Artikel lain: Kenapa orang di dalam mobil tidak tersambar petir

Gelombang mikro memiliki tiga sifat dasar yang membuatnya bisa digunakan sebagai pemanas makanan. Sifat yang pertama adalah gelombang ini akan dipantulkan oleh logam, misalnya besi atau baja. Sifat kedua adalah dapat menembus benda non logam tanpa membuat benda tersebut panas. Sifat yang ketiga adalah gelombang ini dapat diserap oleh air.

Seperti yang sudah disebutkan, fungsi utama oven microwave ini adalah untuk memanaskan makanan. Tahapan proses pemanasan makanan yang dimasukkan ke dalam micowave adalah sebagai berikut; di dalam oven microwave terdapat magnetron yang memancarkan gelombangnya di dalam oven microwave. Magnetron ini adalah sejenis tabung hampa yang dapat menghasilkan gelombang mikro. Gelombang mikro ini kemudian merambat membawa energi yang bisa memanaskan makanan dan cairan.

Karena oven microwave tersebut dilindungi oleh dinding yang terbuat dari logam, maka gelombang mikro akan terperangkap di dalamnya. Kemudian gelombang ini akan mengenai makanan atau cairan yang dimasukkan ke dalam oven microwave. Gelombang tersebut kemudian akan diserap oleh cairan dalam makanan tersebut dan membuat makanan tersebut menjadi panas atau matang. Zat makanan yang dapat menyerap panas gelombang mikro tersebut adalah garam, lemak, dan gula.

Demikianlah penjelasan singkat bagaimana cara kerja oven microwave. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Bagaimana Cara Kerja Oven Microwave, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - November 11, 2013