Tau Gak Bagaimana Cara Kerja Telepon

telepon

Telepon adalah peralatan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Telepon digunakan untuk menghubungi orang lain yang berada jauh dari tempat kita. Pernah tidak kamu berpikir bagaimana cara kerja telepon itu? Kenapa kita bisa mendengar suara orang lain yang jaraknya sangat jauh? Baca terus yuk.

Telepon terdiri dari beberapa bagian penting, diantaranya adalah mikrofon (transmiter), spiker (reciver), tombol sentuh (keypad), duplex coil, ringer, dan hook switch.

Artikel lain: Kenapa balon udara bisa terbang

1. Mikrofon 

Mikrofon adalah bagian yang berada di gagang telepon. Bagian ini berada pada telinga kita saat sedang bertelepon. Uniknya mikrofon ini memiliki 14 gendang telepon yang berbentuk cakram logam tipis yang disebut juga dengan diaphargm.

2. Speaker 

Ini adalah penerima suara yang tepat berada pada bagian mulut kita dan akan menciptakan nada-nada suara. Nada suara ini kemudian akan diterima melalui diaphragm.

3. Duplex coil

Fungsinya adalah untuk mencegah agar suara kita tidak sampai ke telinga kita sendiri pada saat bertelepon.

4. Hook switch 

Berada pada tempat gagang telepon dan berfungsi untuk memutuskan dan menghubungkan pembicaraan.

5. Ringer 

Ini adalah speaker yang akan mengeluarkan suara saat seseorang menghubungi kita melalui telepon.

Cara kerja telepon adalah dengan mengirimkan gelombang suara melalui arus listrik dalam jaringan telepon. Ini membuat kita dapat menghubungi orang lain dengan menggunakan telepon. Penerima telepon menangkap getaran elektrik suara kita seperti suara yang didengarkan oleh penerima telepon.

Saat kita berbicara di telepon, gelombang suara akan dikirimkan melalui arus listri ke lawan bicara kita (pengguna telepon lain). Gelombang suara akan menyentuh diaphragm dan membuatnya bergetar. Pada bagian diaphragm terdapat kumpulan butiran karbon yang akan ditekan saat diaphragm bergetar. Ketika butrian ini mendapat tekanan, maka hambatan listrik menjadi lebih kecil dan mengalirkan arus listrik ke rangkaian telepon.

Diaprahm akan bergetar lebih besar dan cepat saat kita berbicara dengan suara yang keras, dan begitu juga sebaliknya. Getaran ini kemudian mendorong udara yang ada di depannya dan menghasilkan nada-nada suara seperti yang kita ucapkan saat kita bertelepon.

Demikianlah penjelasan singkat bagaimana cara kerja telepon. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Bagaimana Cara Kerja Telepon, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - November 5, 2013