Tau Gak Bagaimana Cara Lidah Merasakan Sensasi Pedas

lidah-wanita

Lidah adalah bagian tubuh yang sangat penting di dalam mulut kita. Tanpa adanya lidah kita tidak akan bisa merasakan makanan yang enak dan lezat. Kita bisa membedakan rasa setiap makanan karena ada lidah. Misalnya rasa cabai yang pedas, kita tidak akan tahu bahwa cabai itu rasanya pedas kalau lidah kita tidak berfungsi normal.

Rasa pedas dapat di rasakan oleh setiap bagian dari lidah kita, tidak seperti rasa manis, asam, pahit, dan asin yang hanya dirasakan bagian tertentu oleh lidah kita. Lalu, bagaimana sih kita bisa merasakan pedas dan rasa lainnya di lidah kita? Baca terus ya biar tahu.

Artikel lain: Kenapa kita perlu mematikan ponsel saat di pesawat

Rasa pedas sebenarnya bukanlah rasa yang dapat dirasakan oleh lidah kita. Zat kimia yang terdapat dalam cabai (capsaicin) yang membuat kita merasakan sensasi muncul di lidah kita. Zat capsaicin terdapat pada beberapa tumbuhan yang menyebabkan rasa pedas, contohnya adalah cabai. Pertanyaannya kemudian, bagaimana sih zat capsaicin ini membuat kita merasakan pedas?

Sensasi pedas berbeda dengan rasa lainnya, seperti rasa manis, pahit, dan asin. Tidak seperti rasa lain yang ada di lidah kita yang memiliki reseptor sendiri dari saraf kita untuk merasakannya, zat capsaicin membuat kita merasakan sensasi pedas saat diterima di papilla lidah oleh reseptor saraf sensorik khusus panas tinggi. Inilah yang membuat kita merasakan sensasi pedas tersebut.

Kemudian reseptor saraf tersebut akan mengirimkan sinyal ke otak kita yang berisi informasi bahwa terjadi iritasi atau terbakarnya sel. Proses ini hampir sama seperti waktu kulit kita terkena panas, lalu otak akan mengirimkan respon seperti kepanasan ketika sensasi pedas ini kita rasakan. Sebenarnya panas yang dirasakan karena pedas ini hanyalah sebuah sensasi dan tidak dalam kondisi benar-benar terbakar.

Demikianlah penjelasan singkat cara lidah merasakan sensasi pedas. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Bagaimana Cara Lidah Merasakan Sensasi Pedas, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 10, 2013