Tau Gak Bagaimana Cara Menggosok Gigi Yang Benar

cara-sikat-gigi

Gigi adalah bagian yang sangat penting di dalam tubuh kita. Gigi kita berfungsi untuk merobek dan menghaluskan setiap makanan yang kita makan sebelum masuk ke dalam pencernaan. Gigi kita terdiri dari beberapa bagian, yaitu akar, batang, hingga email gigi yang merupakan lapisan pelindung gigi.

Akar gigi kite berada di dalam gusi, dan di dalamnya terdapat saraf gigi. Berikut ini adalah beberapa bagian gigi kita:

  1. Gusi, tempat tumbuhnya gigi
  2. Lapisan semen, pelindung akar gigi di dalam gusi kita
  3. Radiks atau akar gigi, bagian yang tertanam pada tulang rahang
  4. Kolum atau leher gigi, bagian yang berada pada gusi kita
  5. Rongga Gigi, bagian antara radiks dan corona
  6. Tulang gigi, terdapat saraf dan pembuluh darah di dalamnya
  7. Lapisan email, lapisan gigi paling keras

Artikel lain: Gigi berlubang sebabkan penyakit jantung

Gigi harus selalu dirawat dan dijaga kesehatannya karena fungsinya sangat penting. Perawatan yang harus dilakukan pada gigi adalah dengan memberikan nutrisi dan juga perawatan dari luar, yaitu menjaga kebersihannya. Gigi kita membutuhkan nutrisi kalsium untuk menjaganya tetap sehat dan kuat, sedangkan perawatan dari luar adalah menggosok gigi dengan teratur agar kebersihannya tetap terjaga.

Gigi yang kotor akan memberikan kesempatan pada bakteri untuk berkembang biak lebih banyak. Bakteri tersebut biasanya lebih aktif ketika malam hari, dimana mereka memanfaatkan sisa makanan yang menempel di gigi sebagai bahan makanan.

Kebiasaan tidak menggosok gigi dapat memberikan kesempatan pada bakteri untuk merusak gigi dan membuat gigi berlubang. Bila gigi sudah berlubang maka perawatannya bisa dilakukan dengan menambalnya dengan bantuan dokter gigi. Namun bila kerusakan gigi sudah terlalu parah, kemungkinan besar gigi tersebut harus dicabut.

Untuk mencegah masalah yang lebih parah, maka sangat disarankan bagi kita untuk menggosok gigi dua kali setiap hari. Terutama ketika kita akan tidur malam. Selain itu, menggosok gigi tidak boleh dilakukan dengan asal. Berikut ini adalah beberapa tips menggosok gigi untuk mendapatkan hasil yang maksimal:

  1. Kumurlah dengan air bersih sebelum menggosok gigi. Lalu gunakan pasta gigi untuk menggosok gigi agar perlindungan terhadap gigi kita menjadi lebih maksimal.
  2. Gosoklah gigi secara menyeluruh, mulai dari depan, gigi geraham, bagian atas dan bawah. Bila diperlukan gunakan benang gigi untuk mengeluarkan sisa makanan di gigi.
  3. Ada baiknya kamu berkumur dengan air matang yang diberikan sedikit garam yodium. Ini bisa membantu membunuh kuman dan menguatkan gigi.

Demikianlah penjelasan singkat tentang cara menggosok gigi yang benar. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Bagaimana Cara Menggosok Gigi Yang Benar, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 20, 2013