Tau Gak Bahaya Kalau Terlalu Gemuk

bahaya-kalau-terlalu-gemuk

Sobat Sok Tau pernah mengenal beberapa orang yang sangat anti dengan kata diet? Ada banyak lho yang tidak suka dengan kata itu, mereka menganggap bahwa orang yang melakukan diet adalah orang yang kurang bersyukur pada hidupnya. Kalau menurut tim Sok Tau, pendapat seperti ini adalah sebuah kesalahan. Kenapa? Baca terus artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

Mereka yang anti terhadap diet biasanya orang yang tidak mengerti atau salah kaprah tentang diet, serta tidak bisa mengaplikasikan diet dengan baik. Sobat Sok Tau harus mengerti bahwa diet bukanlan pantangan makan atau berhenti makan. Diet adalah usaha untuk membuat asupan nutrisi kedalam tubuh menjadi lebih seimbang dan mengaturnya sedemikian rupa agar nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tidak berlebihan.

Artikel lain: Memanfaatkan lemon untuk diet

Kalau seseorang tidak memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya, bisa-bisa orang itu menjadi kegemukan karena terlalu banyak memasukkan makanan ke dalam tubuhnya. Ini adalah beberapa bahaya yang diakibatkan kalau kamu terlalu gemuk:

1. Resiko Penyakit Jantung

Orang yang suka makan junk food atau makanan cepat saji biasanya akan mengalami kegemukan. Dan ini bisa membuat seseorang mengalami resiko terserang penyakit jantung semakin tinggi. Makanya ada banyak orang yang meninggal di usia muda karena serangan jantung, ini disebabkan karena mereka mengalami kegemukan.

2. Haid Tidak Teratur

Haid yang tidak teratur bisa juga lho disebabkan karena masalah kegemukan, ini karena kandungan lemak dalam tubuh membuat metabolisme dalam tubuh tidak seimbang dan akhirnya mengakibatkan siklus haid menjadi terganggu. Wanita yang mengalami kegemukan bisa mengalami kemunduran haid, atau haid lebih cepat dari biasanya, atau bahkan bisa berhenti beberapa waktu.

3. Otot Menjadi Lemah

Orang yang memiliki tubuh gemuk biasanya memiliki otot yang lemah. Ini karena otot dalam tubuh mereka ditekan atau didesak oleh lapisan lemak yang lebih tebal dari orang normal. Ini juga yang menjadi penyebab orang gemuk agak malas untuk berolah raga dan mudah capek.

4. Mengalami Tekanan Darah Tinggi

Banyak orang yang tidak mengerti kenapa tekanan darah orang gemuk selalu lebih tinggi dari orang yang tubuhnya ideal. Ini karena kandungan kolesterol dalam darah orang gemuk membuat pembuluh darah mereka tersumbat dan mengganggu peredaran darah. Dan bila seseorang sudah terlalu gemuk resiko tekanan darah tinggi juga biasanya akan semakin besar.

[youtube id=”k2ZJgiN-9YY” width=”620″ height=”360″]

5. Mengalami Penyakit Arthritis

Ini adalah penyakit yang sering terjadi pada persendian seseorang yang diakibatkan tekanan yang berlebih. Orang yang mengalami kegemukan atau obesitas biasanya terserang penyakit ini, karena tekanan yang terlalu besar yang didapatkan oleh persendian menyebabkan peradangan pada persendian kakinya.

6. Mengalami Depresi

Masalah ini sering terjadi pada orang yang kegemukan. Ini terjadi karena orang gemuk mengalami ketidakseimbangan pada hormon mereka, dan akhirnya mempengaruhi psikologis mereka.

Ok sobat Sok Tau, sekian dulu informasi tentang bahaya kalau terlalu gemuk. Semoga artikel dari tim Sok Tau bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Bahaya Kalau Terlalu Gemuk, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - June 3, 2013