Tau Gak Bahaya Minuman Berenergi Untuk Remaja

minuman berenergi (1)

Saat ini jenis minuman berenergi sudah sangat beragam bahkan dikemas dengan tambahan nama minuman kesehatan. Namun bagaimanakah sebenarnya bahaya di balik konsumsi minuman berenergi? Bagi anak atau remaja memang sangat tidak di anjurkan untuk menkonsumsi minuman energi.

Hal ini tentu bukan tanpa alasan, bahkan menurut beberapa penelitian ilmiah menyebutkan terlalu banyak menkonsumsi minuman energi bagi anak dapat meningkatkan resiko terserang penyakit jantung, pencernaan, dehidrasi bahkan hingga mempengaruhi psikologis.

Baca juga : Tau Gak Kenapa Minuman Bersoda Tidak Baik Untuk Kesehatan

Pada dasarnya minuman berenergi mengandung beberapa bahan seperti kafein dan alkohol dalam takaran yang melebihi batas.

Disini disebutkan melebihi batas, karena memang kebanyakan minuman berenergi merupakan konsumsi bagi orang dewasa. Bahkan orang dewasa sekalipun harus dibatasi dalam menkonsumsi jenis minuman tersebut. Dan bagi anak-anak atau remaja, jumlah sedikit saja sudah dapat dikatakan berlebihan.

Selain kandungan kafein dan alkohol yang memang berbahaya bagi anak, zat lain yang banyak terkandung di minuman berenergi nyatanya juga dapat menyebabkan efek adiktif atau menyebabkan rasa ketagihan.

Zat tersebut antara lain seperti gingseng, guarana dan taurino. Beberapa bahan tersebut ketika sudah dimaksukkan dengan alkohol atau kafein terkadang akan menimbulkan rasa asam-asam manis yang bisa membuat ketagihan.

Selain itu saat ini yang menjadi masalah adalah minuman berenergi tersebut saat ini sudah sangat mudah didapatkan oleh anak-anak. Mulai dari minimarket hingga warung kelontong kecil sudah menyediakan macam minuman tersebut.

Terkadang yang menjadi alasan bagi remaja menkonsumsi minuman berenergi adalah ingin mendapatkan tambahan tenaga saat beraktifitas, namun sebenarnya hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Bahkan bisa saja efeknya malah sebaliknya, bisa menimbulkan berbagai resiko terkena penyakit dan juga ketagihan.

Para ahli lebih menyarankan untuk mendapatkan badan yang fit bertenaga, anda bisa memulai dengan mengubah pola hidup. Istirahat yang cukup dan juga makan makanan bergizi merupakan cara yang jauh lebih aman dan sehat.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Bahaya Minuman Berenergi Untuk Remaja, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - March 2, 2014