Tau Gak Bahaya Tidur Dalam Kondisi Gigi Kotor

Tau Gak Bahaya Tidur Dalam Kondisi Gigi Kotor

Berbagai penyakit gigi yang timbul akibat tidur dalam kondisi gigi kotor – Menjaga kebersihan gigi merupakan suatu hal yang wajib untuk setiap orang. Pasalnya kebersihan gigi akan menentukan kesehatan dan kekuatan gigi tersebut. Membersihkan gigi bertujuan untuk menghilangkan plak serta sisa-sisa makanan yang menempel pada bagian gigi. Hal ini bertujuan supaya plak pada gigi tidak terus menempel dan menjadi perkembangbiakan bakteri. Jika bakteri ini tumbuh, maka akan muncul penyakit gigi seperti gigi berlubang hingga pengeroposan. Oleh sebab itu setiap orang dianjurkan menggosok gigi pada saat tidur.

Tidur dalam kondisi gigi kotor mengakibatkan kematian 

Di usia lanjut, dimana orang yang sudah tidak mempunyai gigi dan menggunakan gigi palsu diharuskan untuk tetap menjaga kebersihan mulutnya. Menurut penelitian di Fakultas Kedokteran Gigi, Nihon University, Jepang, gigi yang kotor bisa menyebabkan berbagai penyakit bahkan bisa mengancam nyawa. Dalam penelitian tersebut, para peneliti menyurvei 524 orang usia lanjut, rata—rata usia 80 tahun ke atas. Dan, dari penelitian tersebut tercatat 453 orang diantaranya menggunakan gigi palsu. Selama tiga tahun para peneliti mencatat data kesehatan mulut, perilaku kesehatan, kesehatan umum, dan dari hasil tes darah mereka. Mereka juga mencatat peserta yang sakit atau meninggal dunia oleh pneumonia selama masa penelitian.

Baca Juga : Tau Gak 4 Kebiasaan Buruk Yang Membuat Lemak Menumpuk

Tidur dengan gigi palsu beresiko pneumonia

Seseorang yang tidur malam dengan gigi palsu beresiko terhadap pneumonia, atau lebih sering disebut dengan radang paru-paru. Kondisi ini dua kali lebih tinggi dibandingkan mereka yang melepas gigi palsunya saat tidur. Kemungkinan plak infeksi atau infeksi lain didaerah mulut akan meningkat dengan pemakaian gigi palsu ketika tidur dimalam hari. Bakteri, virus, jamur dan parasit yang berkembang biak dimulut bisa berimigrasi ke paru-paru sehingga menimbulkan Pneumonia di kalangan usia lanjut, yang berakhir dengan kematian akibat sistem kekebalan tubuh yang terus melemah.

Untuk itu setiap orang harus menjaga kebersihan gigi serta menghindari pemakaian gigi palsu pada saat tidur, terutama bagi mereka yang memasuki usia lanjut. Supaya kebersihan mulut tetap terjadi dan terhindar dari penyakit berbahaya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Bahaya Tidur Dalam Kondisi Gigi Kotor, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 31, 2015