Tau Gak Berapa Jumlah Tulang Manusia

tulang-manusia

Pernah gak kamu menghitung jumlah tulang yang ada pada tubuh manusia? Mungkin waktu sekolah kamu pernah mempelajari tentang anatomi tubuh manusia, termasuk tentang tulang manusia. Tubuh manusia itu disangga oleh tulang dengan susunan yang rumit, tulang-tulang dalam tubuh manusialah yang membuat kita bisa berdiri tegak dan memiliki bentuk. Tapi kamu tau gak berapa jumlah tulang yang ada di tubuh manusia?

Tulang dalam tubuh manusia sudah terbentuk sejak masih dalam kandungan ibu. Dan setelah seorang bayi dilahirkan, jumlah tulangnya adalah sebanyak 270 buah tulang. Namun, ketika si bayi tumbuh menjadi dewasa jumlah tulang itu akan berkurang menjadi 206 buah tulang. Kenapa bisa begitu?

Artikel lain: Kenapa kita menguap

Ketika masa pertumbuhan dan perkembangan seorang bayi, beberapa tulang dalam tubuhnya akan bergabung. Itulah sebabnya jumlah tulang yang tadinya 270 saat bayi, berkurang menjadi 206 bh tulang ketika dewasa.

Bagian utama tubuh manusia terdiri dari beberapa bagian, begitu juga dengan tulang-tulang dalam tubuh kita terdiri dari beberapa bagian. Bagian pusat tubuh manusia terdiri dari 74 buah tulang, diantaranya adalah 26 bh tulang punggung, 22 bh tulang pada bagian tengkorak kita, dan 25 bh tulang pada bagian rusuk.

Sedangkan pada bagian kaki manusia terdiri dari 126 bh tulang, diantaranya adalah 62 tulang di bagian kaki, dan 64 tulang di bagian tanga. Sedangkan tulang bagian yang lain adalah tulang telinga, yaitu sebanyak 6 bh tulang. Banyak sekali ya.

Sejak bayi tulang-tulang kita akan terus berkembang hingga mencapai usia 30 tahun. Dan kebutuhan akan kalsium akan semakin meningkat ketika seseorang masuk usia pubertas atau remaja. Pada masa pubertas ini, kamu harus banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung  kalsium karena sangat penting untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang yang baik. Seseorang yang tidak mendapat asupan kalsium yang baik ketika mereka masih remaja sangat beresiko mengalami masalah pada pertumbuhan tulang mereka dan akan sulit diperbaiki setelah mereka memasuki usia dewasa.

Ok sobat Sok Tau, sekian dulu informasi dan penjelasan tentang jumlah tulang manusia. Semoga artikel dari tim Sok Tau bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Berapa Jumlah Tulang Manusia, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - June 10, 2013