Tau Gak Cara Agar Ginjal Tetap Sehat

tips-agar-ginjal-tetap-sehat

Ginjal adalah salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting. Ginjal punya peranan penting untuk mengatur pembuangan air senir dan memfilter darah yang akan disalurkan ke seluruh tubuh kita. Ginajal juga berfungsi untuk menyeimbangkan kandungan mineral dan garam di dalam darah untuk menjaga tekanan darah tetap normal.

Tentunya tugas ginjal ini sangat penting dan tidak bisa dianggap sepele. Itulah sebabnya kita harus menjaga kesehatan ginjal secara terus menerus. Berikut ini adalah tips untuk menjaga kesehatan ginjal kamu:

Artikel lain: Bahaya makan mie instant pakai nasi

1. Jangan Merokok

Tidak merokok adalah cara yang sangat baik untuk menjaga ginjal tetap bersih dan sehat. Asap rokok yang masuk ke dalam tubuh dapat mempengaruhi kondisi tubuh dan mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit. Racun dari rokok bisa membuat kinerja ginjal dan paru-paru semakin berkurang karena dipaksa bekerja lebih keras.

2. Jangan Minum Alkohol

Mereka yang suka minum minuman keras dengan kadar alkohol tinggi sangat beresiko mengalami kerusakan ginjal. Kadar alkohol yang tinggi pada minuman keras akan membuat liver dan ginjal bekerja lebih keras, dan bisa mengakibatkan terjadinya gagal ginjal. Bila sudah terjadi gagal ginjal maka racun yang masuk ke dalam tubuh tidak bisa disaring oleh ginjal.

3. Berolahraga Rutin

Para ahli kesehatan menyarankan kita untuk berolah raga setiap hari atau setidaknya 2 – 3 kali seminggu. Olah raga bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya jalan ringan, joging, bersepeda, atau melakukan kegiatan fisik lainnya yang menggerakkan tubuh dan mengeluarkan keringat.

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Badan gemuk bukanlah kondisi yang sehat karena tubuh kita kelebihan lemak dan bisa mengganggu kinerja organ lain dalam tubuh. Ketika lemak di dalam tubuh kita berlebihan maka ginjal juga harus bekerja lebih keras dan membuatnya semakin lemah.

5. Minum air putih yang cukup

Cukup banyak orang yang meremehkan manfaat air minum, terutama minuma mineral. Dengan berbagai alasan, orang tidak memberikan kebutuhan air mineral ke dalam tubuhnya. Air sangat dibutuhkan oleh ginjal untuk membantu membersihkan racun di dalam tubuh, juga menjaga kinerja dan kondisi ginjal tetap sehat. Minumlah 8 gelas air per hari untuk menjaga ginjal kamu tetap sehat.

6. Jangan Terlalu Banyak Makanan Asin

Makanan asin biasanya mengandung sodium dan garam yang tinggi. Ternyata sodium tersebut bisa membuat ginjal menjadi lemah dan mengganggu kinerja ginjal. Sebaiknya jangan terlalu banyak makan makanan yang mengandung garam, misalnya camilan keripik.

7. Hindari stres

Stress yang kita alami bisa mempengaruhi kondisi ginjal dan tekanan darah dalam tubuh. Usahakan melakukan kegiatan-kegiatan positif yang bisa membantu menghindarkan kamu dari pikiran negatif dan menyebabkan stress.

Demikianlah penjelasan singkat cara menjaga kesehatan ginjal. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Cara Agar Ginjal Tetap Sehat, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - September 12, 2013