Tau Gak Cara Agar Kamu Bisa BAB Dengan Teratur

cara-agar-bisa-bab-lebih-rutin

Apa kamu pernah mengalami sulit buang air besar? Bila ini kamu alami, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah gaya hidup yang salah. Mereka yang sulit BAB biasanya disebabkan oleh lifestyle yang tidak teratur, mungkin cara makan atau kebiasaan lainnya.

Sebagian besar akan mencoba mengatasi masalah sulit buang air besar dengan cara makan obat-obatan. Memang ini bisa membantu, tapi akan memberikan efek yang kurang baik pada kesehatan ginjal dan hati.  Nah, jika kamu ingin melakukan cara yang alami dan aman, cobalah cara berikut ini:

Artikel lain: Fakta tentang chicken nugget

1. Seimbangkan Cairan Dan Serat

Akan lebih baik bila kam minum air putih dengan teratur dan juga makanan makanan yang mengandung serat tinggi, seperti buah dan sayur. Kombinasi keduanya akan sangat efektif dalam membantu melancarkan proses BAB.

Buah-buahan yang disarankan antara lain, pisang, semangka, dan pepaya. Dan untuk cairan, air mineral adalah pilihan yang terbaik dan juga bisa ditambah dengan jus buah dan jus sayuran.

2. Kurangi Konsumsi Kopi Dan Teh

Kopi dan teh sering membuat seseorang merasa ingin buang air besar dan memaksa kita untuk BAB. Tapi para ahli menyarankan untuk tidak mengkonsumsi keduanya setiap hari, dan jumlahnya juga dikurangi. Bila kamu memang seorang yang sering minum kopi atau teh, maka sebaiknya seimbangkan dengan makanan yang berserat.

3. Diet Karbohidrat Seringkali Menyebabkan Konstipasi

Terlalu banyak makan protein juga bisa mengganggu pencernaan. Mereka yang melakukan diet karbohidrat dan menambah jumlah protein dan kurang serat akan menyebabkan seseorang mengalami konstipasi.

4. Susu Yang Menyebabkan Susah BAB

Produk yang terbuat dari susu biasanya bisa menyebabkan sulit buang air besar karena mengandung kalsium yang banyak. Kalsium yang terlalu tinggi membuat kerja pencernaan dan ginjal semakin berat. Bila kamu memiliki kebiasaan minum susu hewani, kamu bisa menggantinya dengan susu kedelai atau mengkonsumsi makanan yang kaya akan potasium dan magnesium.

5. Jangan Begadang

Sering begadang akan membuat proses detoksifikasi tubuh menjadi terganggu. Tubuh kita melakukan regenerasi dan detoksifikasi pada jam-jam tertentu, bila kamu sering bergadang maka proses pengeluaran racun tersebut akan terhambat.

Demikianlah penjelasan singkat cara agar kamu bisa BAB dengan teratur. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Cara Agar Kamu Bisa BAB Dengan Teratur, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - October 8, 2013