Tau Gak Cara Alami Mengobati Sakit Pencernaan

cara-alami-mengobati-sakit-pencernaan

Masalah pencernaan biasanya terjadi karena virus dan bakteri atau makanan yang tidak sehat. Penyerapan nutrisi di dalam lambung tidak akan maksimal ketika pencernaan mengalami masalah. Kalau hal ini sudah terjadi maka akan mempengaruhi hal lainnya.

Beberapa masalah yang terjadi saat pencernaan sedang tidak sehat adalah diare, konstipasi, muntah, keringat dingin, dan pusing. Ini tidak boleh dianggap remeh karena bisa menimbulkan masalah yang lebih besar lagi.

Berikut ini adalah beberapa penanggulangan yang bisa kita lakukan secara alami:

1. Jauhi makanan yang menyebabkan gas

Hindari makanan dan minuman yang dapat menimbulkan gas dalam lambung. Beberapa contoh makanan yang dapat menimbulkan gas dalam lambung antara lain, ketela rambat, singkong, brokoli, kol, dan lain-lain.

2. Konsumsi kaldu

Kamu bisa membuat kaldu sendiri dengan harga yang murah dan rasanya lezat. Kaldu mengandung nutrisi dan mineral yang dapat membantu memulihkan kondisi pencernaan. Kandungan dalam kaldu yang membantu mempercepat penyembuhan pencernaan adalah asam proline dan glycine.

3. Makan menu berserat

Hindari makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan perbanyak konsumsi makanan berserat. Serat dalam karbohidrat lebih sulit diserap oleh tubuh kita. Makanan yang cocok dikonsumsi saat pencernaan kurang sehat adalah oatmeal, sereal, buah bery-beryan, plum, aprikot kering, gandum, dan lain-lain.

4. Minum air putih

Biasakan minum air secukupnya, paling tidak 8 gelas sehari. Selain itu, kamu juga bisa menambah jumlah air yang masuk ke dalam tubuh dengan cara mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air, seperti semangka, apel, jambu air, dan lain-lain.

5. Berolahraga

Dengan berolah rata secara rutin, tubuh kita akan bisa mengontrol penyakit dalam tubuh. Berolah raga sebanyak 30 menit dalam sehari akan menjaga tubuh kita tetap dalam kondisi yang bugar sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

6. Hindari terlalu banyak makanan manis

Terlalu sering makan yang manis-manis bisa menyebabkan pencernaan mudah sakit. Gula akan lebih sulit diproses di dalam tubuh sehingga dapat menimbulkan penyumbatan dalam tubuh. Sebaiknya kurangi kebiasaan makan makanan yang manis-manis sejak dini.

7. Kurangi stres

Aturlah emosi kamu dengan sebaik-baiknya. Jangan membawa masalah pekerjaan di kantor ke dalam rumah karena akan membuat kamu sulit beristirahat.

Demikianlah penjelasan singkat tentang cara mengobati sakit pencernaan. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Cara Alami Mengobati Sakit Pencernaan, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - October 21, 2013