Tau Gak Cara Alami Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat

cara-alami-menurunkan-kolesterol-tanpa-obat

Mungkin kamu punya anggota keluarga yang bermasalah dengan kolesterol. Mereka yang punya kolesterol tinggi harus mengkonsumsi obat yang disebut dengan statin. Di Amerika, ada sekitar 36 juta orang yang rutin mengkonsumsi statin untuk membantu mengontrol kolesterol dalam tubuhnya.

Menurut Dr. Crandall seorang ahli kesehatan, mereka yang masih muda dan memiliki kolesterol tidak perlu mengkonsumsi statin, yang harus dilakukan adalah mengubah pola hidup. Menurut dokter tersebut, statin memang bisa membantu mengatasi kolesterol tapi gaya hidup yang salah tetap saja akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan.

Artikel lain: Teh bisa bikin sehat dan cerdas

Beberapa langkah berikut dapat menurunkan kolesterol tanpa menggunakan obat-obatan:

1. Mengubah Pola Makan

Perbanyak mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Makanan ini bisa membantu menjaga jumlah kolesterol dalam tubuh kita. Kacang-kacangan adalah pilihan yang tepat untuk mencegah kelebihan kolesterol dalam tubuh.

2. Sarapan Oatmeal

Jika kita mengkonsumsi oatmeal dengan tepat maka kolesterol akan dapat diatasi dengan baik. Makanan ini mengandung banyak serat larut yang berubah menjadi bentuk gel dalam tubuh kita, dengan begitu kita akan merasa kenyang dan dapat mengeluarkan kolesterol.

3. Tidur 8 – 10 Jam Setiap Hari

Kolesterol jaha bisa muncul di dalam darah kita jika kurang tidur. Tidur yang cukup akan membuat tubuh lebih bugar dan peredaran darah menjadi lebih baik.

4. Jangan Lupakan Vitamin D

Kolesterol tinggi berhubungan dengan kekurangan vitamin D. Kamu perlu sesekali memeriksa kandungan vitamin D dalam darah, jika ternyata rendah maka sebaiknya kamu menambah asupan vitamin D, misalnya dengan suplemen.

5. Periksa Kadar Gula Darah

Tingkat glukosa dalam darah bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi, karena itu kamu perlu untuk melakukan pemeriksaan kadar gula darah. Kolesterol dan trigeliserida adalah lemak dalam darah berbahaya untuk kesehatan.

6. Kurangi Konsumsi Gluten

Tepung biasanya mengandung gluten, misalnya tepung gandum. Selain itu, gluten juga terdapat dalam dalam daging tiruan yang sering dikonsumsi oleh vegetarian.

7. Olahraga Rutin

Olah raga tidak harus ke gym dengan mengeluarkan banyak uang. Olah raga bisa dilakukan dengan geraka-gerakan sederhana yang mengeluarkan keringat. Dengan berolah raga satu jam setiap hari dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam darah. Berjalan kaki, jogging, atau bersepeda di sekitar rumah kamu bisa juga dilakukan.

Demikianlah penjelasan singkat tentang cara alami untuk menurunkan kolesterol tanpa obat-obatan. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Cara Alami Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - November 18, 2013