Tau Gak Cara Cepat Atasi Sariawan Yang Mengganggu

cara-cepat-atasi-sariawan-mengganggu

Saat ada sariawan di mulut, pasti rasanya sangat tidak nyaman. Sariawan ini bisa muncul di bawah lidah, di langit-langit, dan di belakang pipi. Penyakit ini bisa terjadi karena beberapa hal, misalnya karena infeksi saat bibir tergigit, atau bisa juga karena kurang vitamin.

Orang yang mengalami sariawan selalu mencari obat untuk meredakan sakit akibat sariawan yang dialaminya. Nah, berikut ini adalah beberapa cara cepat untuk menghilangkan sariawan:

Artikel lain: Menurunkan kolesterol tanpa obat

1. Hindari makanan asam

Iritasi pada sariawan bisa terjadi karena makanan yang rasanya asam. Langkah yang bisa kita lakukan adalah menghindari makanan yang rasanya masam, misalnya jeruk atau lemon.

2. Vitamin B

Orang yang kekurangan vitamin B12 dan zat besi sangat mudah terkena sariawan dan sulit untuk sembuh. Karena itu sebaiknya kamu banyak makan makanan yang mengandung vitamin B12 dan suplemen B9. Selain itu, kamu juga perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung seng dan zat besi.

3. Air dan baking soda

Kamu bisa menggunakan pasta baking soda dan air dengan cara diusapkan pada bagian yang ada sariawannya. Rasanya memang cukup perih, tapi itu tandanya bahwa obat ini sedang bekerja. Campuran pasta baking soda dan air sangat efektif untuk menyembukan sariawan.

4. Air kelapa

Terkadang, sariawan disebabkan oleh panas tubuh yang berlebihan. Air kelapa dipercaya dapat memberikan efek dingin. Konsumsilah air kelapa untuk menstabilkan panas tubuh dan mengurangi sariawan.

5. Air dan garam

Campuran air dan garam juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi sariawan. Berkumurlah dengan air garam sebanyak dua hingga tiga kali sehati untuk membantu mengatasi rasa sakit karena sariawan. Selain itu, air garam juga bisa mengurangi infeksi pada mulut.

6. Kurangi konsumsi kopi

Kopi dapat membuat panas tubuh kita meningkat karena memberikan efek diuretik. Ketika suhu tubuh meningkat, maka sariawan akan lebih sulit untuk disembuhkan. Karena itu kurangi konsumsi kopi selama kamu mengalami sariawan.

7. Vitamin C

Vitamin C juga berperan dalam mengatasi sariawan di mulut. Karena itu, kamu juga perlu mengkonsumsi vitamin C untuk membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan yang kamu alami.

Demikianlah penjelasan singkat tentang cara cepat mengatasi sariawan yang mengganggu. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Cara Cepat Atasi Sariawan Yang Mengganggu, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - November 19, 2013