Tau Gak Cara Hidung Mencium Bau

cara-hidung-mencium-bau

Manusia memiliki hidung yang dapat digunakan untuk menghirup udara dan juga untuk mencium berbagai aroma. Dengan mencium aroma, kita bisa membedakan aroma yang wangi dan juga yang bau. Aroma wangi yang kita hirup bisa membuat kita merasa senang dan bahagia lho.

Begitu juga sebaliknya, bila kita menghirup aroma yang tidak sedap akan membuat kita tidak nyaman dan muak. Jadi indera penciuman kita bisa mempengaruhi mood. Lalu, bagaimana sih sebenarnya hidung kita bisa mencium aroma dari berbagai macam benda yang ada di sekitar kita?

Artikel lain: Kenapa telur baunya amis

Ketika kamu menghirup atau mencium bau dari sebuah benda maka molekul benda tersebut akan masuk ke dalam hidung kamu. Sebagian molekul dari benda itu terhisap oleh hidung kita, baik itu bau yang wangi ataupun yang tidak sedap. Tapi hanya sebagian molekul ya, tidak semua molekul dari benda tersebut terhisap oleh kita.

Sseperti yang kita ketahui, semua benda di dunia ini tersusun atas berbagai susunan komponen kimia yang beraneka ragam. Beberapa komponen tersebut mudah menguap, dan sebagian lainnya tidak mudah menguap. Nah, sebagian komponen molekul benda yang mudah menguap tersebut akan mudah masuk ke dalam hidung kita ketika mencium benda tersebut.

Ini berarti bahwa bau yang kita cium dari sebuah benda sangat tergantung pada komponen kimia yang ada di dalam benda tersebut, tentunya molekul yang mudah menguap. Lalu, setelah molekul yang mudah menguap tersebut masuk ke dalam hidung kita, molekul tersebut akan larut di dalam cairan hidung dan terbawa hingga ke saraf pembau.

Saraf pembau ini berada di hidung bagian atas, dan menerima molekul tadi sebagai rangsangan bau. Kemudian, rangsangan bau tersebut dilanjutkan ke otak untuk menentukan bau seperti apakah yang kita cium. Begitulah proses hidung kita mencium bau sebuah benda yang ada di sekitar kita.

Demikianlah penjelasan singkat bagaimana cara hidung mencium bau. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

 

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Cara Hidung Mencium Bau, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 8, 2013