Tau Gak Cara Kapal Selam Bisa Menyelam dan Mengapung

kapal-selam

Sobat Sok Tu pernah menonton dan membaca tentang kapal selam bukan? Kapal selam adalah peralatan tempur yang sering digunakan untuk menyerang musuh dari bawah air. Kapal selam ini dapat menyelam ke dalam lautan hingga kedalaman tertentu, dan bisa muncul ke permukaan.

Tentunya kita bertanya-tanya, kenapa kapal selam ini bisa menyelam dan muncul di permukaan air? Nah, untuk menjawabnya kita harus mengingat kembali tentang pelajaran sekolah yang membahas tentang hukum Archimedes. Dalam hukum Archimedes dikatakan bahwa sebuah benda akan mengapung di air jika massa jenisnya kurang dari massa jenis air tersebut.

Artikel lain: Kenapa mata kita mengeluarkan air saat mengiris bawang

Hukum Archimede inilah yang memungkinkan sebuah kapal selam dapat berada di dalam air dan juga mengapung di atas air. Lalu bagaimana cara kerja kapal selam tersebut sehingga memungkinkan untuk menyelam dan mengapung di air?

Kapal selam memiliki kemampuan untuk menyelam secara statis dan juga dinamis. Saat menyelam dengan cara dinamis, kapal selam tersebut memanfaatkan kecepatan dan kekuatan untuk membuatnya menyelam. Selain itu, kapal selam juga memiliki hydroplanes yang dapat membantu badannya tenggelam seiring dengan kecepatan yang semakin meningkat. Cara yang sama juga dilakukan oleh kapal selam tersebut saat berusaha keluar ke permukaan dengan cara dinamis.

Di dalam kapal selam terdapat tangki pemberat yang dapat diisin dengan air ataupun udara yang nantinya digunakan untuk menyelam statis. Kapal selam akan mengisi tangki tersebut dengan air ketika akan menyelam. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar massa jenis kapal selam tersebut lebih besar dari massa jenis air. Tangki tersebut akan terus diisi hingga mencapai kedalaman yang diinginkan.

Langkah sebaliknya dilakukan ketika kapal selam tersebut akan mengapung di permukaan air. Tangki kapal selam yang telah diisi air atau udara tadi akan dikosongkan dengan mengeluarkan air di dalamnya sehingga berat jenis kapal selam lebih ringan dari berat jenis air. Dengan begitu kapal selam akan terangkat ke permukaan air.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa kapal selam bisa menyelam dan mengapung. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Cara Kapal Selam Bisa Menyelam dan Mengapung, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 23, 2013