Tau Gak Cara Mengatasi Ketombe Dengan Akurat

cara-mengatasi-ketombe-dengan-akurat

Kebiasaan yang salah dalam perawatan rambut bisa menyebabkan kulit kepala berketombe. Selain itu polusi, keringat yang tidak dibersihkan, dan produk perawatan rambut bisa juga menyebabkan ketombe.

Tapi kamu tidak perlu teralu khawatir karena ada cara alami yang bisa kamu lakukan untuk bebas dari masalah ketombe. Berikut ini adalah beberapa langakah tepat dan akurat untuk membasmi ketombe dari kulit kepala:

Artikel lain: Cara memilih pelembab

1. Gunakan minyak perawatan rambut

Gunakan minyak urang-aring, minyak kemiri, atau beberapa jenis minyak perawatan rambut lainnya untuk membantu memperbaiki kondisi kulit kepala. Minyak ini tidak sama dengan produk hair tonic. Gunakan minya ini 20-30 menit sebelum kamu keramas.

2. Bersihkan sisir dan ganti sarung bantal

Salah satu benda yang sering membuat rambut dan kulit kepala diserang kotoran dan jamur adalah sisir. Bisa saja ketombe menular melalui sisir orang lain yang kamu gunakan. Sebaiknya bersihkan sisir kamu secara teratur. Selain itu, perhatikan juga sarung bantal yang kamu gunakan. Sarung bantal yang kotor dan jarang diganti bisa menyebabkan kepala berketombe dan juga membuat wajah berjerawat.

3. Kurangi penggunaan produk hair styling

Jika kamu sedang berketombe, sebaiknya hindari dulu penggunaan produk hair styling untuk sementara. Penggunaan produk ini bisa membuat masalah ketombe kamu semakin para dan membuat rambut rontok. Dengan minimnya terkena bahan kimia, tentu akan lebih mudah mengembalikan kondisi kulit kepala kamu.

4. Ganti produk shampoo Anda

Produk shampoo yang salah bisa menjadi salah satu penyebab masalah kulit kepala. Gunakan produk shampoo yang cocok dengan jenis kulit kepala kamu. Beberapa tipe kulit kepala dan rambut bahkan membutuhkan shampoo yang berbeda karena telah jenuh pada satu jenis shampoo dalam jangka waktu tertentu.

5. Konsumsi makanan mengandung kolagen

Kolagen dan pelembab alami sangat diperlukan oleh kulit kepala dan rambut. Konsumsilah makanan yang mengandung kolagen, seperti buah-buahan, ikan laut, kerupuk kulit, dan lain-lain. Makanan tersebut bisa membantu dalam proses produksi kolagen untuk merawat kulit kepala dan rambut.

Demikianlah penjelasan singkat tentang cara mengatasi ketombe dengan akurat. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Cara Mengatasi Ketombe Dengan Akurat, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - October 24, 2013