Tau Gak Cara Mengatasi Nyeri Karena Gigi Berlubang

cara-mengatasi-nyeri-karena-gigi-berlubang

Sobat Sok Tau mungkin adalah seorang pecinta makanan/ minuman manis dan sering mengkonsumsi makanan manis ketika malam hari. Jika kebiasaan ini diteruskan akan berakibat buruk pada kesehatan gigi lho. Gigi kita berguna untuk merobek dan menghaluskan makanan, dan gigi memiliki pelindung yang berguna untuk mencegah gigi berlubang, bagian ini disebut dengan email gigi.

Ada beberapa makanan yang dapat merusak lapisan pelindung gigi kita, antara lain, cokelat, kopi susu, dan makanan manis lainnya. Kerusakan pada dinding pelindung gigi akan mengakibatkan gigi berlubang. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi rasa nyeri karena gigi berlubang:

Artikel lain: Tanaman herbal untuk kesehatan tubuh

1. Menggunakan es batu

Es batu di sini bukan untuk dimakan ya, tapi digunakan untuk meredam rasa sakit pada syaraf gigi kamu. Caranya sangat mudah, ambil es batu lalu pijatkan pada bagian pipi yang terasa nyeri sekitar 20 menit. Dengan begitu rasa nyeri akan berkurang perlahan-lahan.

Pijatan lembut dengan es batu ini akan membantu menghilangkan rasa sakit yang kamu rasakan. Dan tentunya cara ini lebih aman dibanding bila kamu meminum obat-obatan pereda rasa sakit.

2. Menggunakan bawang putih

Cara tradisional ini dipercaya sejak jaman nenek moyang kita. Caranya sangat mudah, ambil satu siung bawah putih lalu cincang sampai halus dan beri sedikit garam. Lalu kunya bawang putih tersebut pada bagian gigi yang berlubang dan terasa nyeri. Kunyah bawang putih tersebtu hingga rasa sakit di gigi berangsur-angsur berkurang. Setelah itu, kumur-kumurlah degan menggunakan air garam.

Bawang putih mengandung enzim yang dapat membunuh bakteri yang ada di gigi berlubang. Dengan cara ini kamu bisa mengatasi rasa nyeri akibat gigi berlubang dan juga bisa memperkuat struktur gigi kamu.

3. Menggunakan Jeruk Nipis

Ternyata jeruk nipis bisa lho mengurangi rasa nyeri akibat gigi berlubang. Jeruk nipis terkenal mengandung vitamin C, dan juga sering digunakan untuk menyeimbangkan rasa pada makanan. Caranya sangat mudah, ambil jeruk nipis secukupnya dan peras airnya. Lalu, tuangkan pada bagian gigi yang berlubang sedikit demi sedikit setiap 10 menit. Lakukan langkah ini terus menerus sampai rasa nyeri di gigi berkurang.

4. Menggunakan Cabai Hijau

Cabai hijau sering digunakan sebagai bahan masakan. Selain itu, ternyata si kecil yang pedas ini bisa menghilangkan rasa nyeri akibat gigi berlubang lho. Cabai hijau mengandung zat capsaicin, dan juga mengandung vitamin C yang tingi.

Caranya sangat mudah, potong ujung cabai tersebut lalu bakar selama 2 menit untuk membuat cabai hijau tersebut panas. Setelah panas, tempelkan cabai hijau tersebut pada bagian gigi yang sakit tadi. Lakukan cara ini secara teratur, yaitu dua kali dalam sehari.

5. Menggunakan Biji Alpukat

Biji alpukat dapat dimanfaatkan sebagai obat alternatif untuk menghilangkan rasa nyeri di gigi berlubang. Caranya cukup mudah, bersihkan biji alpukat, keringkan dengan cara disangrai. Tumbulah biji alpukat tersebut hingga menjadi bubuk. Lalu taburkan bubuk biji alpukat tersebut pada bagian gigi yang berlubang, tutup dengan kapas bersih dan katupkan gigi hingga beberapa saat sampai rasa nyeri di gigi berkurang.

Ok sobat Sok Tau, sekian dulu penjelasan tentang cara mengatasi rasa nyeri pada gigi berlubang. Semoga artikel dari tim Sok Tau bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Cara Mengatasi Nyeri Karena Gigi Berlubang, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 7, 2013