Tau Gak Cara Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi

cara-mengatasi-nyeri-saat-menstruasi

Ketika wanita mengalami siklus menstruasi, biasanya mereka mengalami emosi yang tidak stabil, kram perut, tubuh tidak fit, nyeri perut, dan lain-lain. Hampir semua hal bisa membuat mereka merasa tidak nyaman dan uring-uringan. Namun, sebenarnya hal ini bisa diatasi.

Sebenarnya rasa nyeri pada saat menstruasi itu adalah hal yang wajar. Agar aktivitas sehari-hari yang kamu lakukan tidak terganggu oleh siklus menstruasi, kamu perlu melakukan beberapa hal berikut ini.

Artikel lain: Penyakit yang biasa dialami malam hari

1. Konsumsi Lebih Banyak Zat Besi

Anemia atau kekurangan sel darah merah sering terjadi pada wanita yang sedang menstruasi. Tentu saja hal tersebut bisa membuat tubuh menjadi lemas, lesu, bahkan bisa jatuh pingsan. Untuk membantu mengatasi masalah ini, kamu perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti, hati ayam, daging merah, bayam, dan kacang-kacangan.

2. Perkecil Konsumsi Makanan Yang Mengandung Garam

Mereka yang mengalami menstruasi tidak jarang mengalami badan ‘bengkak’. Ini bisa terjadi karena hormon ‘memerintahkan’ tubuh kita untuk mengikat air lebih banyak saat menstruasi. Untuk mengurangi efek tersebut bisa dilakukan dengan mengurangi konsumsi makanan/ minuman yang mengandung garam.

3. Senam Menstruasi

Rasa sakit akibat menstruasi bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Aktivitas fisik yang terarah justru bisa membantu untuk mengatasi masalah nyeri di perut saat menstruasi. Lakukan senam ringan untuk membantu mengurangi rasa nyeri di sekitar pinggang dan perut.

4. Jangan Sampai Dehidrasi

Cairan tubuh akan banyak keluar ketika wanita sedang menstruasi. Pastikan kamu mengkonsumsi air putih lebih banyak dari biasanya, dan juga banyak makan buah-buahan yang mengandung air. Selain itu, hindari minuman bersoda atau kopi karena bisa membuat perut tidak nyaman.

5. Tidur Teratur, Hindari Begadang!

Tubuh kita membutuhkan istirahat yang cukup, terutama ketika wanita sedang menstruasi. Pastikan kamu tidur cukup, sekitar 7 jam dalam sehari untuk membantu mengurangi rasa sakit saat menstruasi.

Demikianlah penjelasan singkat cara mengatasi rasa nyeri saat menstruasi. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Cara Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - September 14, 2013