Tau Gak Cara Mengobati Jerawat Dengan Minyak Cengkeh

cara-mengobati-jerawat-dengan-minyak-cengkeh

Cengkeh adalah salah satu komoditas yang sangat bermanfaat bagi manusia. Tidak hanya sebagai bahan untuk membuat rokok saja, cengkeh juga memiliki berbagai manfaat lainnya, misalnya untuk kecantikan dan kesehatan.

Cengkeh bila diolah menjadi minyak akan sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit, misalnya komedo, alergi, jerawat, dan juga masalah gatal dan kulit meradang. Jerawat bisa diatasi dengan menggunakan minyak cengkeh.  Selain itu, minyak cengkeh memiliki aroma wangi yang khas dan hangat, dan akan membuat jerawat kering perlahan-lahan dan sembuh tidak meninggalkan bekas.

Artikel lain: Ampas kopi bermanfaat untuk kecantikan

Tanaman tropis ini memiliki fungsi analgesik, antibakteri, anti peradangan, pereda rasa sakit, dan antiseptik. Cengkeh sering digunakan sebagai bahan obat-obatan. Cengkeh dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan mencegah jerawat semakin parah.

Cara menggunakan minyak cengkeh ini sangat mudah, cukup dioleskan pada bagian wajah yang berjerawat lalu dibiarkan semalaman. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum menggunakan minyak cengkeh ini:

  • Formula minyak cengkeh ini sangat kuat, bisa menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit yang sensitif. Untuk menghindari iritasi, sebaiknya diimbangi dengan formula minyak lain dan hanya dioleskan pada bagian yang meradang saja.
  • Sebaiknya simpan minyak cengkeh pada tempat yang dingin karena bisa terbakar pada tempat-tempat yang panas. Tidak boleh digunakan pada bahan kimia lain, kecuali air dan minyak alami.
  • Reaksi alergi bisa terjadi pada pemakaian minyak cengkeh, karena itu sebaiknya gunakan dulu pada kulit tangan sebelum menggunakannya pada kulit wajah.
  • Minyak cengkeh alami hanya boleh digunakan bila dengan resep dokter.
  • Jangan menggunakan minyak cengkeh bersamaan dengan krim atau obat lain.
  • Bahan lain yang boleh dicampur dengan minyak cengkeh adalah minyak citrus, minyak lavender, tea tree oil, minyak zaitu, dan air.

Demikianlah penjelasan singkat cara mengobati jerawat dengan minyak cengkeh. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Cara Mengobati Jerawat Dengan Minyak Cengkeh, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - October 6, 2013