Tau Gak Cara Menyamarkan Bekas Keloid

By on June 10, 2013

cara-menyamarkan-bekas-keloid

Sobat Sok Tau pernah lihat keloid?  Tau gak apa itu keloid? Kalau menurut istilah orang medis, keloid itu adalah jaringan kulit yang tumbuh dari bekas luka pada saat proses penyembuhan. Bagi sebagian orang, keloid ini sangat mengganggu penampilan karena berbentuk seperti gumpalan daging yang terlihat tidak menarik. Yang sering menimbulkan keloid adalah luka bakar, bekas tindik, tergores, luka operasi, dan juga jerawat.

Kamu bisa menyamarkan atau mengurangi bekas keloid ini dengan beberapa cream. Namun dengan cream ini, keloid tidak akan bisa sembuh total. Cara yang bisa kamu lakukan adalah menyamarkan bekas keloid itu agar tidak terlalu menyolok di kulit kamu. Berikut ini adalah caranya:

1. Memakai makeup

Makeup dapat menyamarkan keloid yang memang sangat menggangu dan berada pada bagian kulit yang mudah terlihat. Ada beberapa makeup yang memang dibuat khusus untuk menyamarkan bekas luka atau keloid, contohnya Camouflage, dan Judith August Killer.

Advertisement

Artikel lain: Bawang merah bisa mengatasi masalah ketombe

2. Memakai tea tree oil

Salah satu pilihan yang dapat kamu lakukan untuk menyamarkan keloid adalah dengan menggunakan tea tree oil. Ini adalah cara yang sangat aman karena hanya perlu dioleskan dua kali sehari setelah membersihkan kulit. Bila dilakukan dengan teratur maka permukaan kulit akan terlihat semakin baik.

3. Memakai aspirin

Aspirin bukanlah obat yang populer di Indonesia. Namun, orang barat sering menggunakan obat ini dan selalu menyediakannya di rumah. Ternyata, aspirin juga cukup ampuh untuk membut keloid menyusut. Caranya sangat mudah, cukup menghancurkan 3 aspirin, lalu mengoleskannya pada bagian kulit yang ada keloidnya, biarkan selama 20 menit. Lalu bilas dengan air hingga bersih.

4. Memakai cuka apel

Selain dapat menyehatkan tubuh kita, cuka apel juga dapat menghilangkan bekas luka yang ada di kulit. Cuka apel hanya perlu dioleskan dibagiaan yang ada keloid lalu lakukan pijatan lembut, biarkan hingga kering. Hal ini bisa dilakukan lebih dari sekali dalam satu hari, sesuai dengan kebutuhan.

Advertisement

5. Memakai lidah buaya

Lidah buaya seringkali digunakan sebagai bahan dasar pembuatan cream anti keloid. Selain dapat mengurangi peradangan di kulit, lidah buaya juga dapat melembabkan dan mencegah terjadinya infeksi pada luka ringan.

Ok sobat Sok Tau, sekian dulu penjelasan tentang cara menyamarkan bekas keloid. Semoga artikel dari tim Sok Tau bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.


Yuk Kasih Komentarnya...

comments