Tau Gak Dari Mana Asal Air Mata

air-mata

Mata itu adalah jendela hati, kita bisa mengetahui perasaan seseorang dengan melihat matanya. Makanya banyak orang bilang bahwa mata kita itu adalah luar biasa, Our eyes are amazing.

Seperti halnya bagian tubuh kita yang lain, mata memiliki sistem untuk menjaga kesehatannya sendiri, yaitu dengan air mata. Lalu bagaimana datangnya air mata ini? Air mata berasal dari proses alami di dalam mata yang disebut dengan lakrimasi. Lakrimasi ini adalah istilah yang diambil dari bahasa latin, Lacrima yang artinya adalah air mata.

Artikel lain: Kenapa mata selalu berkedip

Kelenjar air mata (Lacrima Gland) terletak di bagian atas mata kita, tepatnya di antara kelopak mata dan alis kamu. Kelenjar ini akan menyebarkan cairan secara rutin yang membuat mata kita selalu basah setiap kali berkedip. Selain sistem dari kelenjar air mata tersebut, air mata juga bisa keluar karena sebab lain, misalnya rangsangan karena luapan emosi. Air mata bisa keluar ketika kita merasakan emosi, saat terharu, marah, ataupun saat sedih.

Yang lebih unik lagi, ternyata mata kita sudah memiliki ‘bak’ sendiri untuk menampung air mata. Bak penampungan air mata ini disebut dengan lacrima sac. Air mata yang sudah membasahi mata akan disalurkan kembali lewat kanal-kanal yang terhubung dengan lacrima sac. Dan ketika air mata berlebih, kelopak mata akan bertugas untuk membatasi jumlah cairan air mata yaitu dengan menjatuhkannya ke pipi kamu. Unik ya?!

Kamu tau gak kenapa air mata itu rasanya agak asin? Air mata rasanya asin karena di dalamnya terdapat zat garam yang dapat membersihkan air mata dari kotoran dan bakteri. Dengan kata lain, air mata adalah anti septik yang alami. Selain itu, air mata mampu menjaga kelembaban dan kebersihan mata kita dengan alami.

Demikianlah penjelasan singkat tentang dari mana datangnya air mata dan fungsinya. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Dari Mana Asal Air Mata, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - June 24, 2013