Tau Gak Dari Mana Datangnya Kotoran Telinga

kotoran-telinga

Kebanyakan dari kita tidak mengenal seluk beluk telinga. Tentunya sobat Sok Tau juga tidak terlalu mengerti tentang seluk beluk telinga kita bukan? Ada banyak lho orang yang melakukan kesalahan dalam membersihkan kotoran yang ada di lubang telinga mereka. Bukannya makin bersih, makah menimbulkan masalah baru yang lebih parah. Lalu, dari mana sih datangnya kotoran telinga itu? Dan adakah manfaatnya bagi kita?

Telinga manusia pada umumnya memiliki cairan yang dikenal dengan nama cerumen. Cairan telinga ini diproduksi oleh sepertiga dari seluruh bagian terluar lubang telinga kita. Cairan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan telinga kita. Mungkin kamu sering merasa jijik pada cairan yang lengket dan berbau kurang sedap yang ada di telinga kamu. Namun, cairan ini memberikan perlindungan dan menjadi anti bakteri.

Artikel lain: Kenapa kita mengantuk pada malam hari

Tubuh kita memiliki sistem alami untuk membersihkan lubang telinga dan membuat kita tetap bisa mendengar dengan baik. Salah satu cara yang dilakukan oleh telinga kita agar terhindar dari kotoran adalah melalui cairan ini. Tapi kamu harus tahu bahwa cairan ini terkadang berlebih di dalam telinga kita, dan mungkin justru akan mengganggu telinga kamu.

Setelah selesai melakukan tugasnya, cairan ini biasanya akan keluar dengan sendirinya dari telinga kita. Lho, bagaimana caranya? Yaitu melalui aktifitas yang dilakukan oleh rahang kita, misalnya ketika mengunyah permen karet atau makanan. Mungkin kamu tidak percaya, tapi gerakan pada rahang kita bisa mendorong kotoran yang ada di telinga menjadi keluar. Biasanya kotoran ini mengering dan rontok sendiri menjadi potonga-potongan atau serpihan. Inilah yang menjadi kotoran telinga kita.

Sebenarnya memberihkan telinga bagian dalam tidak dianjurkan karena bisa berbahaya. Alat yang biasanya digunakan untuk membersihkan telinga adalah cotton-bud, tapi alat ini seharusnya hanya untuk membersihkan telinga bagian luar saja bukan untuk telinga bagian dalam. Kotoran telinga di bagian dalam akan keluar dengan sendirinya.

Nah, kalau kamu membersihkan telinga bagian dalam dengan cotton-bud, akan beresiko mendorong kotoran telinga justru lebih dalam lagi dan mengarah ke gendang telinga. Jika ini terjadi, kotoran akan semakin menumpuk dan mengahalangi gelombang suara ke gendang telinga dan kamu pun akan kesulitan mendengar.

Ok sobat Sok Tau, sekian dulu penjelasan tentang dari mana datangnya kotoran telinga kita. Semoga artikel dari tim Sok Tau bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Dari Mana Datangnya Kotoran Telinga, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - June 11, 2013