Tau Gak Efek Samping Terlalu Sering Makan Telur

efek-samping-terlalu-sering-makan-telur

Telur adalah makanan favorit bagi sebagian besar masyarakat kita. Telur bisa dibuat dalam berbagai masakan, misalnya telur dadar, telur mata sapi, telur rebus, dan lain-lain. Rasanya yang enak dan kandungan protein yang tinggi membuatnya menjadi pilihan banyak orang.

Walaupun telur mengandung nutrisi yang baik, tapi bila terlalu sering dikonsumsi akan memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Kog bisa? Baca penjelasan berikut ini.

Artikel lain: Manfaat durian untuk kesehatan

1. Meningkatkan Kolesterol

Terdapat sekitar 200 mg lemak di dalam satu butir telur. Jumlah maksimal konsumsi telur dalam seminggu yang disarankan adalah 6 butir telur. Tapi kamu juga disarankan untuk melakukan aktivitas yang dinamis. Dengan mengkonsumsi telur yang cukup banyak, tubuh berpotensi mengalami peningkatan kolesterol dan beresiko terhadap masalah jantung.

2. Resiko Diabetes

Kandungan lemak pada telur juga dapat menjadi pemicu masalah kencing manis. Sekitar 55% pria beresiko mengalami diabetes tipe dua bila mengkonsumsi telur dalam jumlah yang banyak, sedangkan wanita mencapai 77%.

3. Menghasilkan Jerawat

Jerawat hormonal atau penumpukan minyak di wajah bisa disebabkan oleh konsumsi telur yang terlalu banyak. Sama halnya dengan kacang dan makanan pedas, telur juga bisa memicu timbulnya jerawat di wajah kamu.

4. Menambah Berat Badan

Telur bisa juga menyebabkan tubuh kita menjadi lebih berat karena mengandung lemak yang cukup tinggi. Akan lebih baik bila kita makan telur 3 hari sekali saja agar tidak mengalami kelebihan berat badan.

5. Ketidakseimbangan Hormon

Terlalu banyak makan telur juga bisa menyebabkan hormon naik turun, terutama pada wanita. Konsumsi protein seharusnya diimbangi dengan banyak makan sayuran dan buah agar tidak terjadi efek samping yang buruk bagi kesehatan.

6. Menimbulkan Alergi

Terkadang makan telur bisa juga menyebabkan alergi. Ini sering terjadi ketika mengkonsumsi telur jenis tertentu. Sebaiknya perhatikan apakah telur yang kita beli berkualitas baik. Telur yang tidak higienis bisa juga menyebabkan tubuh terserang alergi yang mengganggu.

Demikianlah penjelasan singkat tentang efek samping terlalu sering makan telur. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Efek Samping Terlalu Sering Makan Telur, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - November 3, 2013