Tau Gak Fakta Unik Dari Kuda Nil

Tau Gak Fakta Unik Dari Kuda Nil

Kuda nil merupakan binatang yang hidup di air dengan bentuk postur tubuh besar. Kuda nil memiliki kebiasaan dan keunikan dalam berperilaku sehingga dapat dikatakan sebagai kebiasaan yang tidak dilakukan oleh hewan lain. Binatang yang hobi berendam secara berkelompok di air tawar ini merupakan binatang asli benua Afrika.

Di Indonesia kita bisa menyaksikan kuda nil berendam bisa mengunjungi kebun binatang. Mungkin ketika melihat mulutnya akan merasa takut karena terlihat seperti akan melahap orang. Namun, dibalik keseraman dan badannya besar hewan ini memiliki fakta unik yang harus diketahui secara jelas.

Untuk itu simaklah fakta unik tentang binatang kuda nil berikut ini.

1. Kuda nil mempunyai raut yang tampak garang,

namun ternyata mamalia ini merupakan herbivora atau binatang pemakan tumbuhan bukan pemakan daging. Mungkin jika dilihat secara sekilas akan berfikir jika kuda nil adalah pemangsa karena memang mulutnya yang sangat menyeramkan. Sehingga bagi anda yang selama merasa takut dimangsa kuda nil hilangkan rasa takut tersebut karena hewan garang ini hanyalah pemakan rumput.

2. Hewan terbesar kedua setelah gajah,

dimana memiliki tinggi mencapai 2 meter dengan panjang 4 hingga 6 meter. Selain itu memiliki kuda nil memiliki bobot hingga 2000 kg. Bisa dibayangkan jika hewan ini besar dan terlihat gemuk sehingga tampaknya lebih menyeramkan.

3. Mampu bertahan hidup hingga setengah abad,

karena kuda nil merupakan binatang yang doyan makan sehingga umurnya mampu bertahan hingga 50 tahun. Meskipun kebiasaannya berendam kuda nil tidak mudah terserang penyakit seperti jamur atau sejenisnya.

4. Kuda nil suka bermalas–malasan didalam air,

dan mereka akan mencari makan setelah senja tiba. Sehingga pada pagi hari sampai siang justru bermalas–malasan.

5. Kuda gemar melumuri tubuhnya dengan lumpur,

hal ini dilakukan untuk melindungi kulit selama berendam.

Kuda nil juga akan mengeluarkan cairan merah muda yang berfungsi sebagai tabir surya. Selain itu binatang terbesar kedua ini memiliki tingkah yang sangat unik yaitu akan membuang angin melalui mulut hal ini disebabkan oleh penampung gas dibagian pantatnya sangat kecil sehingga dikeluarkan melalui mulut.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Fakta Unik Dari Kuda Nil, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...