Tau Gak Fakta Unik Dari Nyamuk

Tau Gak Fakta Unik Dari Nyamuk

Nyamuk cenderung dianggap sebagai mahkluk kecil yang selalu mengganggu kehidupan manusia karena menghisap darah dan menimbulkan gatal pada bekas gigitannya di kulit. Aka tetapi, ternyata nyamju itu menjadi sangat berarti ketika ilmuwan mengetahui hasil penelitian dari seekor nyamuk. Seekor nyamuk berjenis kelamin jantan yang sudah dewasa serta mampu berkembang biak, nyamuk tersebut akan menggunakan antenanya untuk melangsungkan perkawinan dengan nyamuk betina.

Antena nyamuk jantan memiliki fungsi yang berbeda dengan nyamuk betina. Bulu tipis di ujung antenanya mampu merangsang dan sangat peka dengan suara yang dikeluarkan oleh nyamuk betina. Disebelah organ seksual nyamuk jantan terdapat organ yang mampu mencengkram nyamuk betina pada saat melangsungkan perkawinan di udara.

Nyamuk jantan terbang secara berkoloni, sehingga tampak seperti awan dan ketika nyamuk betina berhasil memasuki koloninya nyamuk jantan akan langsung mencengkram nyamuk betina tersebut. Uniknya nyamuk betina menghisap darah tidak hanya untuk kehidupannya sendiri melainkan untuk mempertahankan spesies hidupnya. Dimana nyamuk betina membutuhkan protein didalam darah untuk menyuplai kebutuhan untuk bertahan hidup.

Dengan nyamuk betina mampu bertahan hidup lebih lama artinya nyamuk tersebut masih mampu melangsungkan perkawinan sehingga spesiesnya tetap terjaga dengan baik itulah tujuan utamanya dalam menghisap darah. Telur nyamuk ini bisa dikatakan sedikit unik dan aneh dimana telur tersebut bisa hidup ketika diberikan makanan berupa darah.

Telur ini akan ditelurkan pada kolam-kolam yang kering selama musim panas atau gugur selain itu, nyamuk juga meletakkan telurnya pada daun yang lembab. Telur nyamuk berubah bentuk menjadi larva dan metode perubahan dari telur ke larva ini sangat menakjubkan dimana, larva tersebut akan membuat pusaran kecil didalam air dengan menggunakan dua anggota badannya yang berbulu seperti kipas angin itu.

Uniknya pusaran mikroorganisme yang lainnya akan mengalir ke mulut larva sambil bergantung dan terjungkir. Sehingga dapat disimpulkan jika nyamuk yang dikenal sebagai binatang serangga nakal ini, mampu bertahan hidup melalui keseimbangan rumit dan berhubungan  dengan timbal balik yang berpengaruh.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Fakta Unik Dari Nyamuk, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - April 21, 2014