Tau Gak Fakta Unik Kota Batu Jawa Timur

Tau Gak Fakta Unik Kota Batu Jawa Timur

Kota Batu terkenal dengan buah Apel sehingga kota asri dengan pemandangan alamnya ini sering dijuluki sebagai kota Apel. Kota Batu memiliki tanah yang subur sehingga mata pencaharian masyarakatnya sebagai petani penghasil sayur dan ada juga petani bunga. Didaerah dingin dan tanah subur ini bunga mampu tumbuh dengan sehat sehingga hasilnyapun baik. Dari menjual bunga perekonomian masyarakatnya meningkat menjadi lebih baik sehingga ketika berkunjung ke kota Apel ini jangan lewatkan untuk membeli bunga sebagai oleh – oleh untuk di tanam di depan rumah.

Berikut ini terdapat beberapa fakta unik dari kota Batu dan sering menjadi topik pembicaraan banyak orang :

1. Dahulu Kota Batu merupakan bagian dari Kabupaten Malang. Namun, pada tahun 2011 kota Batu resmi memisah dari Kabupaten Malang menjadi Kota Wisata Batu. Memang di kota Batu terdapat banyak tempat – tempat wisata menarik dan membuat banyak wisatawan ketagihan dalam mengunjunginya.

2. Dijuluki sebagai swiss kecil karena pada saat jaman Belanda kota Batu menjadi tempat peristirahatan kegemaran keluarga petinggi kalangan Belanda.

Tau Gak Fakta Unik Kota Batu Jawa Timur1

3. Nama Batu ternyata berasal dari nama seorang pengikut Pengeran Diponegoro yang bernama Abu Ghonaim. Orang tersebut sering disapa dengan panggilan Mbah Wastu. Akhirnya nama tersebut lebih mudah disapa dengan “Mbatu” dan seiring dengan perkembangan jaman kota tersebut meakhirnya memiliki nama “Batu”.

4. Kota Batu di kelilingi 6 gunung sehingga membuat pemandangan di setiap sudut – dudut daerah Batu semakin menyentuh alam.

5. Wisata tertua di kota Batu yaitu Taman Selecta di mana tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1928 dan pada jaman dahulu Taman Selecta adalah salah satu escapim favorit bapak Negara kita yaitu Soekarno dan Hatta setelah perang kemerdekaan.

6. Kota Batu merupakan satu – satunya kota di Indonesia yang memiliki alun – alun dengan bianglala.

7. Pariwisata  yang indah di kota Batu membuat kota Apel ini meraih peringkat ke 4 degan pertumbuhan ekonomi tercepat se-Indonesia.

 

Fakta unik dan menarik tentang kota Batu membuat banyak orang penasaran sehingga tidak jarang jika setiap akhir pekan banyak orang yang lebih memilih menghabiskan waktunya di kota Batu. Salah satu tempat unik dan menarik adalah wisata payung yang lokasinya di Songgoriti dengan terdapatnya banyak warung makan dengan pilihan makanan khas daerah Batu.

 

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Fakta Unik Kota Batu Jawa Timur, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - March 30, 2014