Tau Gak Fakta Unik Letusan Gunung Kelud

Tau Gak Fakta Unik Letusan Gunung Kelud

Gunung Kelud merupakan gunung berapi yang terletak di Kediri Jawa Timur Indonesia. Menurut sejarahnya Gunung Kelud ini terbentuk dari kisah penghianatan cinta pada 2 raja sakti dengan seorang putri kerajaan Kediri. Letusannya pada tahun 2014 ini tepatnya di bulan Februari meluluh lantahkan beberapa daerah di kota Kediri.

Dibalik letusannya ternyata menyimpan fakta unik, berikut ini adalah beberapa fakta unik tentang Gunung Kelud.

1. Danau Kawah.

Sebelum keluar anak atau kubah lava dari Gunung Kelud terdapat sebuah kawah dengan warna hijau. Namun, pada tahun 2007 kawah tersebut menjadi sebuah kubah lava yang dan hanya menyisakan air dalam jumlah sangat sedikit.

2. Terowongan Untuk Menuju Puncak.

Torowongan ini sudah dibangun oleh Belanda sejak zaman penjajah dahulu. Satu – satunya akses jalan untuk melihat puncak gunung Kelud.

3. Telah Meletus 40 Kali.

Gunung berapi yang berlokasi di kabupaten Kediri ini sudah pernah melutus hingga 40 kali. Gunung Kelud ini memang salah satu gunung berapi yang paling aktif di wilayah Jawa Timur. Gunung ini mempunyai frekuensi dalam waktu dekat antara 9 hingga 25 tahun.

4. Letusan 2014 Membawa Hujan Debu Dahsyat.

Pada tanggal 13 februari kemarin erupsi gunung Kelud menimbulkan hujan debu yang sangat dahsyat. Uniknya debu ini mencapai daerah Jawa Tengah, Jogja, hingga Jawa Barat. Jadi hampir semua wilayah di pulau Jawa terkena hujan debu. Padahal Letaknya gunung berapi ini berada di daerah timur Kediri. Letusannya yang sangat dahsyat inilah membuat abu vulkanik dari gunung kelud meluap kebeberapa daerah di pula Jawa.

Tau Gak Fakta Unik Letusan Gunung Kelud1

5. Terdapat Jalan Misteri.

Jalan misteri ini selalu dilewati ketika akan mendaki puncak gunung Kelud. Disebut dengan jalan misteri karena sepeda motor dengan kondisi gigi nol bisa jalan dengan sendirinya tanpa kita menghidupkan mesin sepeda motor tersebut.

Fakta unik tentang gunung kelud memang benar adanya. Digunung Kelud juga terdapat tempat pemandian air hangat di mana bisa dijadikan sebagai tempat relaksasi setiap kali liburan dengan menikmati nuansa alam yang masih asri.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Fakta Unik Letusan Gunung Kelud, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - March 31, 2014