Tau Gak Fakta Unik Tentang Kuda

Tau Gak Fakta Unik Tentang Kuda

Kuda sering kali dikenal sebagai hewan liar yang pandai dalam hal berlari. Kuda juga merupakan hewan yang digunakan sebagai alat transportasi pada zaman kerajaan. Hingga saat ini kuda masih berguna sebagai penarik kereta baik itu andong ataupun delman.

Namun, dibalik manfaatnya yang banyak ternyata kuda memiliki fakta unik dan mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Kebiasaan unik yang dimiliki kuda sangat berbeda dengan hewan – hewan berkaki empat lainnya. Untuk itu ketahuilah berikut ini fakta unik tentang kuda.

1. Dapat tidur dengan posisi berdiri,

mungkin kita tidak percaya jika hewan jago lari ini mampu tidur dalam kondisi berdiri. Karena, hampir semua hewan itu tidur dalam posisi duduk. Kuda bisa tidur dalam posisi berdiri karena, mempunyai kelebihan yang mampu mengunci tulang kakinya selama tidur. Sehingga, ketika kuda tidur dalam posisi berdiri dia tidak akan terjatuh tapak kakinya yang kuat inilah menjadi salah satu kelebihan dari kuda.

2. Mampu mengangkat beban berat,

padahal tubuhnya tidak sebesar bison. Hal ini dipicu dari kondisi kaki pada kuda. Kekuatan kuda berpusat pada kaki, dimana memiliki tulang dan telapak kaki yang terlindungi oleh tulang luar sehingga dalam mengangkat beban berat lebih kuat.

3. Mampu berlari dengan sangat cepat,

sehingga ketika ditunggangi cukup menarik tali yang dikaitkan kuda ini sudah berlari dengan cepat. Kuda mampu berlari dengan cepat karena memiliki postur kakinya yang sesuai dengan tubuh.

4. Kuda tidak memiliki tulang selangka,

sehingga memungkinkan untuk bisa melangkah dengan sangat lebar. Terdapat sistem atau mekanisme pada otot kaki kuda yang mirip dengan porseneling dengan kepeatan tinggi sehingga kecepatan lajunya akan semakin cepat.

5. Kuda tidak dapat melihat benda yang ada di depannya,

meskipun matanya lebih besar ternyata kuda memiliki 2 titik buta yang terletak dihadapannya serta dibelakang kepalanya. Dengan demikian kuda tidak dapat melihat dengan persis tentang apa yang ada didepannya.

Hampir diseluruh Indonesia delman masih bisa ditemukan sehingga ketika kita ingin melihat kuda tidak perlu pergi ke kebun binatang. Bahkan dibeberapa tempat wisata menyediakan fasilitas untuk berkeliling dengan naik kuda.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Fakta Unik Tentang Kuda, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...