Tau Gak Fenomena Alam Yang Hanya Terjadi Saat Musim Dingin

fenomenadingin5_surftin

Musim dingin bisa menjadi waktu yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang. Salju yang turun perlahan ditambah lagi dengan berbagai rekreasi menarik yang hanya bisa dilakukan di musim dingin.

Namun dibalik itu semua, ternyata musim dingin juga menyimpan beberapa fenomena menarik di dalamnya. Sama halnya dengan keunikan musim dingin yang lain, nyatanya fenomena-fenomena tersebut hanya ada dan terjadi di musim dingin saja.

Baca juga : Tau Gak Fakta Menarik Tentang Salju

Fenomena yang pertama adalah tentang minuman bersoda atau beralkohol. Ternyata saat musim dingin, minuman berjenis itu bisa menunjukkan perubahan bentuk yang unik.

Percobaan bisa dilakukan dengan cara menyimpan minuman bersoda atau beralkohol di botol tertutup lalu ditimbun dalam salju yang menumpuk. Setelah beberapa hari bisa diamati bahwa bentuk dari minuman tersebut akan berubah, tidak membeku namun berbentuk lebih encer dan cenderung seperti lumpur.

Hal ini bisa terjadi karena pada dasarnya ketika ada di lingkungan dengan tingkat kedinginan rendah, maka minuman bersoda cenderung juga akan menurunkan titik bekunya. Sehingga cairan tersebut tidak akan membeku hanya pada suhu 0 derajat celcius. Namun lebih rendah lagi. Efeknya cairan tersebut tidak membeku malah berubah seperti lumpur.

Fenomena kedua adalah air panas yang berubah menjadi salju. Percobaan yang bisa dilakukan adalah di waktu musim salju turun silahkan mencoba menyemprot kan atau membuang air panas ke udara di luar ruangan.

Pada  suhu tertentu air panas tersebut akan langsung berubah menjadi butiran salju kecil. Hal ini bisa terjadi karena partikel air panas tersebut akan mengikat natrium dan kalsium yang ada di udara bebas lalu bereaksi menjadi bentuk Kristal padat.

Fenomena yang ketiga adalah lidah yang bisa membeku dengan cepat. Ini menjadi hal yang harus diperhatikan, pada saat musim dingin dan suhu dalam keadaan dibawah nol derajat jangan coba-coba menempelkan lidah anda di jendela kaca atau permukaan lainnya yang keras.

Pasalnya keadaan beku tersebut bisa ikut membuat lidah anda ikut membeku dan menempel hanya dalam hitungan detik. Jadi tetap berhati-hati dan jangan sampai lidah anda kaku hanya karena hal-hal konyol yang anda lakukan.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Fenomena Alam Yang Hanya Terjadi Saat Musim Dingin, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - March 1, 2014