Tau Gak Gedung Tertinggi di Eropa

Tau Gak Gedung Tertinggi di Eropa

Sebuah bangunan yang memiliki keistimewaan tersendiri seringkali membuat banyak orang penasaran untuk bisa mengunjunginya. Sehingga dalam pemberian sebuah penghargaan tidak hanya diberikan kepada kalangan aktor ataupun film terbaik saja. Namun, didunia arsitektur supermasi penghargaan diberikan pada gedung tertinggi terbaik. Tahun 2014 ini, penghargaan Skyscaper Award diberikan kepada The Shard, dimana gedung tertinggi yang ada di Eropa terletak di London, Inggris.

The Shard merupakan bangunan gedung yang menjulang tinggi serta dipilih sebagai yang terbaik oleh para ahli arsitekstur kaliber Internasional setelah membandingkan ratusan gedung tertinggi di dunia. Sehingga tidak jarang orang selalu penasaran dan mencari – cari informasi tentang gedung dengan nama The Shard ini.

Persyaratan utama supaya dapat diperhitungkan dalam nominasi adalah harus memiliki tinggi bangunan minimal 100 meter serta memiliki kelebihan dari segi tata letak, struktur dan fungsi bangunan dengan model desain yang inovatif. The Shard gedung yang ada di Eropa ini terpilih karena gedung tersebut didirikan dilingkungan, yang padat bangunan sehingga proses pembangunannya membutuhkan perencaan rumit, hal tersebut diungkap oleh perusahaan pemberi penghargaan Skyscraper Award untuk gedung tersebut.

Selain itu, The Shard juga dianggap unggul dari segi desainnya dan fungsi bangunan. Dimana, struktur gedungnya didominasi kaca dan memberikan refleksi cahaya yang indah pada saat malam hari. Salah satu faktor yang menjadikan The Shard sebagai landmark baru kota London.

Tidak hanya itu, firma arsitektur Renzo Piano Building Workshop dan Adamson Associates International yang bertanggung jawab atas gedung tersebut, telah memastikan jika The Shard ramah lingkungan dengan memaksimalkan sudut pencahayaan diwaktu siang hari. Pada setiap sudut gedung juga dilengkapi dengan winter garden atau disebut dengan taman dalam ruangan yang dilengkapi dengan ventilasi alami.

Adapun DC Tower 1 di Vienna yang dirancang Dominique Perrault Architecture menempati peringkat kedua. Struktur bangunannya dibentuk seperti lego dengan garis–garis bersudut dibagian tengah menjadi ekspresi desain tersendiri. Apalagi saat sudut–sudut tersebut memantulkan cahaya kearah danau yang ada didepan gedung tertinggi ini.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Gedung Tertinggi di Eropa, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - May 22, 2014