Tau Gak Kalau Charger iPhone ini Hanya Berharga Rp 11 Ribuan

charger-iPhone

Seperti kabar yang sedang hangat belakangan ini, yaitu tewasnya seorang wanita warga China yang disebabkan meledaknya iPhone milikinya ketika sedang dia gunakan sambil dicharge. Banyak media yang kemudian mempertanyakan keamanan smartphone tersebut. Namun, ditemukan sebuah fakta dibalik kejadian tersebut setelah dilakukan penyelidikan.

Dari hasil penyelidikan tersebut diketahui bahwa si korban tersebut sedang mengisi batu baterai iPhone miliknya dengan menggunakan sebuah charger yang dia beli seharga US $1 atau sekitar Rp 11ribu. Dia membeli charger tersebut dengan tujuan untuk menghemat pengeluarannya, namun justru berakibat buruk pada dirinya.

Artikel lain: Sony Xperia Z Ultra akan diluncurkan di Hongkong

Antara charger original dan yang palsu memiliki perbedaan spesifikasi yang sangat significant. Inilah yang disebut-sebut sebagai faktor utama dari kecelakaan yang merenggut nyawa gadis malang tersebut. Hal ini seperti yang disebutkan oleh seorang blogger bernama Ken Shirriff, kedua charger tersebut memiliki perbedaan pada voltase listrik dan daya yang dikirimkan ke dalam baterai iPhone.

Tidak adanya IC (Integrated Circuit) pada charger palsu tersebut membuat arus listri yang seharus kecil menjadi sangat besar. iPhone tersebut tidak dapat menampung daya yang terlalu besar, dan kemudian mengakibatkan smartphone ini meledak.

Lebih lanjut, disebutkan bahwa pada sebuah charger terdapat arus listrik dengan muatan 340 volt. Ini bisa membunuh seorang manusia. Charger palsu tersebut tidak memiliki sebuah perangkat keamanan yang biasa kita sebut “sekring” yang berguna untuk memutus arus listrik bila terjadi arus pendek.

Selanjutnya kita bisa belajar dari pengalaman pahit yang terjadi di China tersebut. Lebih baik mengeluarkan uang sedikit lebih banyak untuk membeli produk yang asli dan dijamin keamanannya, dibanding membeli produk murah yang jelas tidak memiliki keamanan bagi penggunanya dan orang lain.

Sekian dulu informasi singkat tentang charger iPhone palsu yang dijual dengan harga Rp 11 ribuan. Semoga artikel dari tim Sok Tau ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kalau Charger iPhone ini Hanya Berharga Rp 11 Ribuan, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 24, 2013