Tau Gak Kalau Gigi Berlubang Bisa Menyebabkan Penyakit Jantung

gigi-berlubang1

Diantara kalian pasti ada beberapa orang yang punya gigi berlubang. Sebaiknya kamu segera menangani gigi kamu yang berlubang itu karena bila tidak segera ditangani dapat memicu terjadinya penyakit jantung kronis, seperti infeksi katup jantung.

Hal ini senada dengan pernyataan dari Dr. drg. Zaura Rini Anggraeni, MDS. Dia mengatakan bahwa gigi yang berlubang selain dapat membuat nafas tidak sedap, juga bisa menimbulkan masalah lain yang lebih parah dan berakibat buruk bagi kesehatan kita.

Artikel lain: Terlalu banyak minum susu berbahaya untuk ginjal

Bakteri Sreptococcus biasanya mendiami gigi yang berlubang. Ketika gigi yang berlubang tersebut kotor atau tidak disikat dengan bersih, maka bakteri ini akan semakin banyak berada pada gigi dan tentunya akan menimbulkan masalah.

Bakteri ini bisa menggerogoti email gigi sehingga gigi kita akan berlubang dan menimbulkan infeksi di sekitar mulut dan gigi. Infeksi gigi biasanya berawal dari kuman yang ada di mulut, dan terbawa oleh pembuluh darah manusia sehingga penyebaran ke dalam tubuh semakin mudah.

Ketika pembuluh darah membawa kuman tersebut, maka akan sangat mudah bagi kuman untuk mencapai jantung manusia, terutama saat kondisi tubuh seseorang sedang kurang fit. Bakteri Streptococcus yang terbawa oleh darah tidak hanya akan mencapai jantun, tapi juga organ tubuh yang lainnya, seperti paru-paru, ginjal, dan lambung.

Ini bisa membuat kondisi gula darah pada penderita diabetes melitus semakin parah, dan dapat menimbulkan kematian. Oleh sebab itu, akan lebih baik bila kamu segera menangani masalah gigi berlubang, dan menjaga kebersihan mulut setiap hari.

Demikianlah penjelasan singkat tentang gigi berlubang yang bisa mengakibatkan penyakit jantung. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

 

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kalau Gigi Berlubang Bisa Menyebabkan Penyakit Jantung, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 19, 2013