Tau Gak Kalau Gula Merah Adalah Gula Alami Yang Kaya Manfaat

gula-merah-gula-alami-kaya-manfaat

Jaman dahulu, orang menggunakan gula merah untuk memberikan rasa manis pada menu masakan. Memang gula merah masih kalah manis dibandingkan dengan gula pasir, tapi ternyata gula merah justru memiliki kelebihan dibandingkan dengan gula pasir.

Gula merah memberikan banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Beberapa manfaat gula merah adalah mengatasi anemia, kejang otot, asma, masalah pencernaan, kram menstruasi, mencegah peradangan, dan lain-lain.

Berikut adalah penjelasan tentang manfaat gula merah bagi manusia:

Artikel lain: Manfaat lada hitam untuk kesehatan

1. Membersihkan darah

Rasa manis alami pada gula merah ternyata tidak membuat darah kita keracunan oleh bahan kimia. Bahkan gula merah dapat membersihkan racun-racun yang ada di dalam darh kita.

2. Membantu mengatasi problem pencernaan

Gula merah juga dapat mendetoks pencernaan dan darah kita. Dengan menambahkan sedikit gula merah pada minuman dan makanan, akan membantu melancarkan pencernaan kita.

3. Mengatasi sariawan

Masalah sariawan bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Orang dulu biasanya akan minum minuman kunyit asam yang dimasak dengan gula merah. Kunyit berguna untuk anti radang, sedangkan gula meraha akan mendinginkan suhu tubuh akibat panas dalam.

4. Mencegah anemia

Gula merah mengandung zat besi. Selain dapat mengatasi masalah menstruasi, gula merah juga dapat mencegah anemia.

5. Mencegah jerawat

Jerawat dan komedo ternyata bisa diatasi dengan gula merah lho. Gula merah yang manis tidak menyebabkan peradangan di kulit sehingga aman bila dikonsumsi.

6. Menyembuhkan batuk dan demam

Gula merah bisa menjadi obat alternatif saat batuk kering dan demam karena bersifat mendinginkan. Campurkan pada makanan atau minuman agar membantu mengencerkan dahak dan meredakan batuk kering kamu.

7. Mencegah asma

Mereka yang memiliki masalah asma disarankan untuk mengkonsumsi gula merah dan mengurangi konsumsi gula pasir. Dengan menjaga suhu tubuh, penyakit asma tidak akan mudah kambuh. Selain itu gula merah juga anti alergi.

8. Meredakan nyeri saat menstruasi

Rasa sakit yang disebabkan menstruasi bisa sangat mengganggu, apalagi bila wanita sedang melakukan kegiatan penting. Dengan mengkonsumsi kunyi asam yang dicampur dengan gula merah, maka rasa sakit tersebut akan reda.

Demikianlah penjelasan singkat tentang manfaat gula merah untuk kesehatan. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kalau Gula Merah Adalah Gula Alami Yang Kaya Manfaat, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - October 24, 2013