Tau Gak Kalau Hewan Memiliki Tiga Kelopak Mata

kelopak-mata-hewan

Sobat Sok Tau pasti pernah melihat mata ikan dan mata hewan lainnya. Ikan tidak pernah menutup kedua matanya atau berkedip walaupun dia hidup di dalam air. Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, apa mata ikan tidak pernah kemasukan air ya?

Jawaban sederhananya adalah karena ikan memiliki kelopak mata ke tiga yang disebut dengan nictitans. Kelopak mata ketiga ini berbentuk seperti membran yang tembus pandang (transparan) dan berfungsi untuk membersihkan kotoran yang mengenai mata. Nictitans juga berfungsi untuk membasahi bola mata hewan secara cepat.

Artikel lain: Kenapa benda tampak bergelombang saat udara panas

Kelopak mata kita biasanya akan bergerak menutup ke bawah dan ke atas. Berbeda dengan kelopak mata hewan, dimana kelopak mata mereka bisa bergerak dari kanan ke kiri sehingga tegak lurus dengan kelopak mata yang lain.

Semua mata hewan memiliki kelopak mata yang ketiga. Namun, hanya beberapa hewan saja yang sering menggunakannya dan optimal menggunakan kelopak mata ketiga ini. Misalnya burung hantu dan burung elang, kedua burung ini akan menggunakan kelopak mata ketiga untuk melindungi mata mereka saat mereka sedang menerkam mangsanya atau sedang bertarung.

Sedangkan hewan-hewan di air seperti buaya, kura-kura, ikan, katak, dan lain-lain, menggunkan Nictitans untuk membantu melindungi mata ketika mereka sedang berada di air. Ya bisa dibilang fungsinya hampir sama seperti ketika manusia menggunakan kaca mata untuk berenang.

Manusia sebenarnya juga memiliki Nictitans lho. Namun, tinggal sisanya saja karena kelopak mata ketiga pada manusia sudah tidak berfungsi lagi seperti pada hewan. Coba kamu perhatikan ujung mata yang dekat dengan batang hidung, kamu akan melihat membran berwarna putih, itulah Nictitans yang dimaksudkan.

Demikianlah penjelasan singkat tentang hewan yang memiliki kelopak mata ketiga. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kalau Hewan Memiliki Tiga Kelopak Mata, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 31, 2013