Tau Gak Kalau Karang Gigi Membahayakan Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

karang-gigi-membahayakan-janin-dan-ibu-hamil

Kotoran yang berlebihan pada gigi dan tidak pernah dibersihkan secara menyeluruh akan menyebabkan karang gigi. Cukup banyak orang yang menganggap sepele karang gigi. Namun, menurut Zaura Rini, ketua PB Persatuan Dokter Gigi Indonesia, karang gigi bisa membahayakan ibu hamil lho.

Masalah yang sering terjadi pada ibu hamil yang memiliki karang gigi adalah radang gusi. Hal ini terjadi karena terjadi penurunan pada sistem imunitasnya, dan hal ini bisa menimbulkan bahaya-bahaya yang lain. Zaura Rini juga mengatakan hal yang sama pada jumpa pers hari kesehatan gigi sedunia di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Artikel lain: Mengatasi stress selama masa kehamilan

Lebih lanjut, Rini juga mengatakan bahwa karang gigi yang menimbulkan radang gusi dapat membuat terjadinya pendarahan pada gusi secara terus menerus. Inilah yang membuat ibu hamil beresiko menderita anemia selama kehamilannya. Lebih jauh lagi, anak yang dikandung beresiko lahir prematur atau bahkan keguguran akibat mengalami radang gusi dan infeksi.

Sistem kekebalan tubuh kita secara otomatis akan fokus memperbaiki area yang mengalami infeksi. Hal ini kemudian membuat banyak sel darah putih mengalir ke tempat terjadinya infeksi dan berusaha mengembalika kondisi menjadi normal kembali.

Ketika sel darah putih bekerja, dia akan mengeluarkan zat prostaglandin yang berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab infeksi. Nah, zat prostaglandin inilah yang dapat memicu terjadinya kontraksi. Masalah ini bisa mengakibatkan terjadinya keguguran pada ibu hamil di semester pertama, sedangkan pada usia kehamilan trisemester pertama masalah tersebut bisa memicu kelahiran prematur. Karena itu jagalah gigi sebaik mungkin dan sedini mungkin.

Sekian dulu info dari kami tim Sok Tau. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi pembaca semua. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kalau Karang Gigi Membahayakan Kesehatan Ibu Hamil dan Janin, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 3, 2013