Tau Gak Kalau Kebisingan Bisa Ganggu Kesehatan Jantung

Dalam kegiatan sehari-hari tentunya kita pernah berada di tempat atau keadaan dimana suara bising akan terdengar sangat mengganggu. Bisa dikantor, jalan raya hingga pasar dimana banyak orang berkumpul dan beraktifitas.

Namun apakah anda tahu bahwa kebisingan yang ada di sekitar kita tersebut bisa memberikan dampak negative terhadap kesehatan jantung kita?

Sebuah studi ilmiah telah mengungkapkan tentang adanya hubungan antara tingkat kebisingan yang diterima oleh seseorang dengan resiko terkena penyakit jantung.

Dalam studi tersebut bahkan menyatakan bahwa suara dengan intensitas ringan seperti dering telpon pun bisa menjadi pengganggu fungsi jantung.

Pada penelitian yang melibatkan lebih dari 100 orang dewasa tersebut, tiap subjek dipasangi alat pengamat kinerja jantung yang bisa mengawasi keadaan jantung mereka.

Kemudian mereka dibiarkan melakukan berbagai macam aktifitas mulai dari di tempat yang sepi hingga di tempat dengan tingkat kebisingan yang sangat tinggi.

Setelah diamati denganĀ  seksama ternyata ketika seseorang mendengarkan suara bising, maka detak jantung mereka akan semakin cepat. Berbeda ketika seseorang merasa rileks di tempat yang tenang.

Pada waktu seperti itu jantung dipaksa untuk bekerja lebih keras dan dampakya hal tersebut akan meningkatkan resiko seseorang terkena serangan jantung.

Di lain pihak, sebuah penelitian ilmiah lain mengatakan sebenarnya efek yang ditimbulkan dari papara suara bising tidak akan memberikan efek yang terlalu besar bagi kesehatan jantung. Namun yang perlu diwaspadai adalah bagaimana orang tersebut mengimbangi kegiatan yang penat dengan kegiatan santai yang dapat merileks kan kerja jantung dan organ yang lain.

Intinya untuk menghindarkan diri dari resiko sakit jantung anda bisa mulai dengan merilekskan tubuh dan fikiran anda.

 

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kalau Kebisingan Bisa Ganggu Kesehatan Jantung, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - December 25, 2013