Tau Gak Kalau Kolesterol dan Lemak Bukan Penyebab Sakit Jantung

kolesterol-dan-lemak-bukan-penyebab-sakit-jantung

Kebanyakan artikel yang kita baca menyebutkan bahwa konsumsi makanan yang mengandung lemak harus dikurangi. Banyak orang percaya bahwa lemak bisa menyebabkan kolesterol tinggi dan kemudian menyebabkan penyakit jantung. Ternyata penelitian terbaru mengatakan pendapat yang berbeda.

Menurut penelitian para ahli, sebenarnya kita tidak perlu bermusuhan dengan jenis makanan yang berlemak. Penelitian terbaru dari para ahli berlawanan dengan teori tentang lemak yang dulu dianggap membahayakan kesehatan jantung. Penelitian ini dituliskan dalam British Medical Journal, yang mengatakan bahwa lemak jenus tidak menyebabkan penyakit jantung.

Artikel lain: Makanan yang dapat mencegah diabetes

Kolesterol dan Lemak Tidak Sejahat Asumsi banyak Orang

Seorang peneliti dan spesialis registrar kardiologi dari Croydon University Hospital Londong, Aseem Malhotra, mengatakan bahwa penelitian terdahulu yaitu pada tahun 1970 tidak mendukung hubungan asupan lemak jenuh dan resiko penyakit jantung. Malhotra menyebutkan bahwa mereka yang mengkonsumsi makanan yang rendah lemak akan memiliki kolesterol yang tidak sehat. Padahal kolesterol itu sebenarnya dibutuhkan dan bermanfaat bagi tubuh manusia.

Lebih lanjut Malhotra mengatakan bahwa menjaga asupak lemak adalah sebuah usaha yang sia-sia. Hal ini karena industri makanan justru mengganti lemak jenuh dengan tambahan gula. Kadar gula yang bertambah ini justru yang menyebabkan kegemukan dan membuat seseorang terserang berbagai penyakit.

Sebenarnya mengkonsumsi makanan seperti kacang-kacangan, ikan, sayuran, dan minyak zaitun akan lebih baik dalam menjaga kesehatan dibanding mengkonsumsi obat penurun kolesterol seperti statin. Mitos tentang lemak menyebabkan penyakit jantung sudah seharusnya dihentikan.

Demikianlah penjelasan singkat bahwa kolesterol dan lemak bukanlah penyebab penyakit jantung. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kalau Kolesterol dan Lemak Bukan Penyebab Sakit Jantung, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - October 31, 2013