Tau Gak Kalau Lebah Punya Otak Seperti Manusia

serangga-punya-otak

Ternyata lebah madu punya otak seperti manusia lho. Mereka sebenarnya punya empat tipe sel saraf, dan jumlahnya kurang dari satu juta neuron. Walaupun neuron pada otak lebah jauh lebih sedikit dibanding manusia, tapi otak manusia dan lebah tidak jauh berbeda.

Menurut sciencemag, belahan otak manusia dan lebah sama, yaitu bagian kiri dan kanan. Otak kanan berfungsi mengontrol tubuh bagian kiri dan otak kiri mengontrol bagian kiri tubuh. Hal ini diketahui setelah para ilmuwan melakukan percobaan dengan membuang salah satu antena lebah, yang kiri atau yang kanan.

Artikel lain: Begini cara kerja mesin ATM

Lebah yang hanya memiliki antena kanan akan lebih cepat mengenali lebah-lebah dari koloni yang sama. Mereka menjulurkan lidah, dan punya kemampuan lebih baik dalam mengusir lebah asing. Lebah yang hanya memiliki antena kiri lebih sulit mengenali koloni mereka, dan minat makannya kurang, dan sering salah dalam mengenali koloni asing.

Seperti yang dimuat dalam jurnal Scientific Reports, para ilmuwan mengatakan bahwa otak kanan lebah madu mirip seperti pembagian otak manusia. Para peneliti ini juga mengetahui bahwa antena kanan lebah madu juga mengontrol beberapa perilaku, misalnya waggle dance. Tarian lebah waggle dance membentu angka delapan untuk menunjukkan tempat sumber makanan bagi koloni mereka.

Demikianlah penjelasan singkat tentang lebah madu yang punya otak seperti manusia. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kalau Lebah Punya Otak Seperti Manusia, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - December 29, 2013