Tau Gak Kalau Makan Telur Mentah Itu Berbahaya

bahayanya-makan-telur-mentah

Di kalangan masyarakat ada kontroversi tentang bahaya makan telur mentah, dan hingga kini terus diperdebatkan. Dan yang paling heboh membeicarakan hal ini adalah para ibu hamil. Banyak orang yang menyarankan ibu hamil agar tidak makan telur setengah matang atau telur mentah. Namun, tetap saja ada yang melakukannya.

Memang tidak semua telur bisa terkontaminasi bakteri Salmonella. Bahkan menurut penelitian dari USDA mengatakan bahwa Salmonella bisa terdapat pada telur dengan perbandingan 1:30.000 telur. Walaupun begitu, bakteri Salmonella ini tidak bisa dianggap remeh karena dapat mempengaruhi kehamilan dan juga janin dalam kandungan. Bakteri ini bisa menyebabkan diare, dehidrasi, serangan pada usus, dan resiko terburuk adalah kematian.

Artikel terkait: Minuman manis bisa bikin gemuk

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mencegah bakteri ini masuk ke dalam tubuh dan menganggu kesehatan:

  1. Setiap kali membeli telur, pastikan kamu membeli telur yang bersih kulitnya, atau membersihkan kulit telur tersebut. Setelah itu simpan telur tersebut di lemari es.
  2. Waktu simpan sebuah telur di dalam lemari es adalah 3-4 minggu, jangan menyimpan telur lebih dari waktu tersebut.
  3. Bakteri Salmonella akan mati jika telur dimasak hingga matang.
  4. Telur yang direbus bila tidak langsung dimakan sebaiknya disimpan di lemari es.
  5. Pastikan menggunakan telur yang telah melalui proses pasteurisasi untuk membuat resep makanan yang menggunakan telur mentah.
  6. Jangan membeli telur yang kulit luarnya sudah retak atau retak. Bakteri Salmonella bisa saja berpindah dari kulit yang retak ke dalam telur.
  7. Bersihkan kotoran ayam yang menempel pada kulit luar, lakukan hal ini setiap kali kamu ingin merebus telur.

Untuk memeriksa apakah sebutir telur masih layak untuk dimakan bisa dengan cara memasukkan telur tersebut ke dalam wadah berisi air. Jika telur tersebut mengambang, maka telur tersebut sebaiknya dibuang saja karena sudah tidak layak dimakan. Jika telurnya tenggelam maka telur tersebut masih baik untuk dimakan.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bahaya makan telur mentah. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kalau Makan Telur Mentah Itu Berbahaya, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - October 3, 2013