Tau Gak Kalau Mandi Pakai Gayung Ternyata Lebih Sehat

mandi-pakai-gayung-ternyata-lebih-sehat

Biasanya kamu mandi menggunakan shower atau gayung? Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, mandi dengan menggunakan shower yang kotor ternyata bisa menimbulkan masalah kesehatan yang berbahaya. Shower yang kotor mengandung bakteri yang bisa menimbulkan infeksi paru-paru dan sulit disembuhkan.

Bakteri ini adalah Nontuberculous Mycobacteria (NTM), dan sering menyerang para wanita. Biasanya bakteri ini terdapat pada bagian selang dan kepala shower yang kotor. Seperti yang dilansir oleh Newsmaxhealth.com, penemuan ini ditulis di dalam American Journal of Respiratory and Critical Care.

Artikel lain: Diet yang salah bisa bikin bodoh

Menurut Dr. Michael Iseman, kebanyakan orang sering menghirup bakteri ini juga , tapi tidak mengalami masalah pada kesehatannya. Namun, bagi orang yang lebih rentan, akan timbul masalah yang berbahaya.

Jika seseorang mengalami infeksi NTM, maka proses penyembuhannya akan sangat sulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Menurut informasi, penyembuhan penyakit ini bisa membutuhkan waktu sekitar 18 bulan. Bahkan bisa saja harus melakukan prosedur operasi untuk mengeluarkan bagian paru-paru yang bermasalah.

Cara menghindari infeksi NTM:

  • Biasakan membersihkan shower di kamar mandi kamu. Bersihkan kepala dan selang shower secara berkala. Untuk membersihkannya kamu bisa menggunakan cuka atau pembersih khusus.
  • Sebaiknya biasakan mandi dengan menggunakan gayung ketimbang shower.
  • Selalu menggunakan masker ketika kamu bekerja di taman atau berkebun, untuk menghindari resiko terinfeksi NTM yang berasal dari tanah.

Demikianlah penjelasan singkat kalau madni dengan menggunakan payung ternyata lebih sehat dibanding menggunakan shower. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kalau Mandi Pakai Gayung Ternyata Lebih Sehat, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - October 6, 2013