Tau Gak Kalau Mayat Ini Hidup dan Berjalan

Tau Gak Kalau Mayat Ini Hidup dan Berjalan

Indonesia merupakan Negara dengan berbagi macam tradisi, dan tradisi yang paling terkenal adalah tradisi aneh orang toraja. Cara pemakaman yang terbilang sangat unik dan menyeramkan serta tradisi yang sangat aneh pula. Pernahkah anda membayangkan jika anda berada dekat dengan mayat dan melihatnya secara langsung? Pasti anda ketakutan sampai tak bisa tidur dengan nyenyak. Namun hal ini tidak berlaku bagiorang tanah toraja, mereka justru menjadikan mayat sebagi salah satu hal terpenting dalam ritual kematian.

Masyarakat tanah toraja merupakan masyarakat yang sangat menjunjung tinggi tradisi leluhur mereka, salah satunya adalah ritual mayat berjalan ini, mayat berjalan merupakan orang yang telah mati yang kemudian di angkat jasadnya untuk di berdirikan dan diarak untuk pulang kerumahnya. “waduh serem juga ya, pasti kalau anda melihatnya bakalan gak bisa tidur bahkan masuk kedalam mimpi!” namun pasti anda bertanya-tanya masak manusia sudah puluhan tahun di kubur masih terlihat utuh jasadnya.

Ya inilah yang masih menjadi misteri, padahal mayat-mayat tersebut tidak diawetkan atau di beri formalin dan masih tetap utuh saja seperti baru meninggal 1-2 hari saja dan menurut pemuka adat disana mayat-mayat yang di semayamkan didalam goa akan tetap awet karean di dalam goa-goa toraja mengandung suatu zat yang bisa membuat mayat awet meskipun telah puluhan tahun mati . dan itulah itulah kenyataan yang bisa kita lihat sampai saat ini, memang tuhan yang maha pencipta begitu luar biasa menunjukan keajaibanya dan semua itu patutu untuk kita syukuri.

Semakin berkembangnya zaman dan semakin berkembangnya arus globalisasi mebuat tradisi ini tergerus dengan sendirinya, tradisi ini mulai punah karena sebagian masyarakat toraja telah memeluk kepercayaan baru,meskipun begitu ada beberapa penduduk yang masih melestarikan ritual unik ini sehingga kita masih bisa melihatnya sampai sekarang.Untuk kita warga Negara serta masyarakat Indonesia yang selalu terikat oleh tradisi dan menghargainya, semoga tetap melestarikan tradisi ini agar generasi kedepan bisa tetap ingat dan tau akan kebiasaan serta adat leluhur mereka,

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kalau Mayat Ini Hidup dan Berjalan, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - October 15, 2014