Tau Gak Kalau Menggeretakkan Tangan Dan Jari Berbahaya Bagi Tulang

menggeretakkan-tangan-dan-jari-berbahaya-bagi-tulang

Apakah kamu sering menggeretakkan jari atau anggota tubuh karena merasa pegal? Kegiatan ini memang bisa membuat kita sedikit merasa lega karena ada sensasi senang. Bunyi gemeretak memberikan sugesti bahwa rasa pegal dan sakit di tubuh kita semakin berkurang. Hmmm… apa betul seperti itu?

Ternyata kegiatan menggerertakkan jari dan anggota tubuh yang lain itu bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan lho. Kebiasaan seperti ini bisa membuat tulang dan sendi mengalami masalah.

Artikel lain: Cara alami mengobati sakit pencernaan

Persendian kita adalah pertemuan dua (atau lebih) tulang dalam tubuh kita. Kapsul sendi membungkus ligamen yang menghubungkan tulang yang satu dengan lainnya. Pada kapsul sendi tersebut terdapat pelumas alami yang disebut dengan cairan synovial. Nah, cairan inilah yang membantu persendian bergerak dengan mudah.

Kapsul sendi ini akan bertambah luas jika kita sering menggeretakkan jari. Hal ini berbahaya karena pelumas alami yang ada dalam kapsul sendi tersebut bisa hilang sehingga tulang dan sendi tidak dapat bergerak dengan leluasa lagi. Bayangkan kesulitan yang akan kamu alami bila tulang dan sendi tidak dapat bergerak dengan leluasa.

Menggeretakkan jari dan anggota tubuh sesekali tidak masalah, asalkan tidak dilakukan secara rutin dan terlalu sering karena akan merusak tulang rawan dan mengakibatkan arthritis. Jika tulang rawan sudah rusak maka harus melakukan prosedur operasi agar dapat mengembalikan elastisitasnya.

Lebih baik bila kamu mengganti kebiasaan menggeretakkan jari dengan cara meregangkan tubuh atau melakukan hal lain. Misalnya kamu bisa meluruskan kaki atau tangan selama 5 menit untuk melancarkan peredaran darah. Bila peredaran darah dalam tubuh lencar, maka perasaan pegal dan sakit akan berkurang dengan sendirinya.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bahaya menggeretakkan jari terlalu sering. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kalau Menggeretakkan Tangan Dan Jari Berbahaya Bagi Tulang, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - October 21, 2013