Tau Gak Kalau Nyeri Haid Bisa Berujung Infertilitas

nyeri-haid-bisa-mengakibatkan-infertilitas

Kamu pernah mengalami rasa nyeri yang berlebihan ketika haid? Bila ini terjadi, bisa saja hal tersebut adalah gejala penyakit endometriosis. Penanganan yang terlambat bisa mengakibatkan seseorang mengalami kemandulan atau fetilitas.

Menurut Dr. H. Andon Hestiantoro, SpOG (K), seorang Kepala Divisi Imunoendokrinologi Reproduksi, Dept. Obgin FKUI/RSCM, penyakit Endometriosis ini bisa mengakibatkan seorang wanita tidak bisa hamil. Hal ini terjadi karena endometriosis yang merupakan jaringan endometrium tumbuh di luar rahim dan melekat di beberapa tempat.

Artikel lain: Manfaat teh untuk kecantika

Menurut Dr. H. Andon Hestiantoro, SpOG (K) ada 4 alasan kenapa penyakit ini bisa mengakibatkan seorang wanita tidak bisa hamil, diantaranya:

  1. Endometriosis menempel pada indung telur sehingga menyebabkan ovum tidak pernah matang.
  2. Endometriosis bisa menekan indung telur yang sehat ketika dia sudah berubah menjadi kista. Inilah yang membuat indung telur tidak bisa berproduksi dengan baik.
  3. Endometriosis tersebut menempel pada tuba falopii yang akan mengakibatkan tangan-tangan tuba falopii tidak dapat menangkap telur.
  4. Tubuh yang menghasilkan antibodi yang bertujuan untuk menghancurkan endometriosi justru bisa menyerang sperma dan membunuh sel sperma. Antibodi tersebut menganggap sperma adalah benda asing yang harus dimusnahkan.

Menurut data yang didapat tim Sok Tau, penyakit endometriosis masih belum bisa disembuhkan hingga saat ini. Namun, rasa nyeri akibat menstruasi dapat dikurangi. Lebih lanjut Dr. H. Andon Hestiantoro, SpOG (K) mengatakan bahwa mereka yang menderita endometriosis dapat menggunakan obat untuk mengurangi kadar estrogen di dalam tubuhnya karena penyakit ini timbul karena hormon tersebut.

Demikianlah penjelasan singkat tentang nyeri haid yang bisa berujung pada kemandulan. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kalau Nyeri Haid Bisa Berujung Infertilitas, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - September 24, 2013