Tau Gak Kalau Pakai Kawat Gigi Bikin Gigi Sensitif

pakai-kawat-gigi

Apakah saat ini sobat Sok Tau menggunakan kawat gigi? Tau gak, ternyata pakai kawat gigi bisa menyebabkan gigi kamu sensitif lho. Pada awalnya penggunaan kawat gigi bertujuan untuk memperbaiki bentuk gigi yang kurang baik. Namun, saat ini penggunaan kawat gigi ternyata tidak hanya untuk memperbaiki bentuk gigi saja, sebagian orang memakai kawat gigi hanya sebagai aksesoris saja.

Pakar gigi sensitif GlaxoSmithKline Ariandes Veddytarro mengatakan bahwa orang yang menggunakan kawat gigi lebih beresiko mengalami gangguna gigi sensitif dibandingkan dengan orang yang tidak menggunakan kawat gigi. Dia menjelaskan bahwa perubahaan posisi rahang akibat dimajukan atau dimundurkan oleh kawat gigi cenderung mengganggu dan mencederai ketinggian tulang ketika gigi digerakkan.

Artikel lain: Penyebab hidung mimisan

Gusi akan mengalami penurunan ketika tinggi tulang menurun. Dan ketika gusi menurun maka dentin akan terbuka, inilah yang memicu terjadinya serangan gigi sensitif. Lebih lanjut Ariendes mengatakan bahwa dentin berfungsi untuk menlindungi selurauh bagian gigi yang berpori dan jutaan saraf gigi. Nah, ketika dentin sudah terbuka maka bagian yang terbuka itu akan merasakan ngilu, dan menusuk.

Ariendes juga mengatakan bahwa penurunan gusi akan mengakibatkan akar terpisah dan menimbulakn resiko gigi ngilu yang lebih hebat lagi. Itulah sebabnya kebiasaan menyikat gigi harus sudah dilakukan sejak anak-anak, yaitu untuk mencegah gangguna gigi sensitif.

Selain menyikat gigi dengan teratur, sebaiknya juga tidak memakan makanan atau minuman yang terlalu panas, terlalu dingin, atau masam, karena ini juga bisa menyebabkan gigi sensitif. Menurut Ariendes, gigi sensitif sering terjadi pada orang dewasa yang berusia 25 tahun ke atas. Gigi sensitif yang terjadi pada mereka muncul karena kebiasan yang tidak baik dan kurang merawat gigi.

[youtube id=”6ZbuW5IVSxY” width=”620″ height=”360″]

Ok sobat Sok Tau, sekian dulu informasi singkat tentang gigi sensitif yang diakibatkan penggunaan kawat gigi. Semoga artikel dari tim Sok Tau bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kalau Pakai Kawat Gigi Bikin Gigi Sensitif, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - June 4, 2013